© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang anda ketahui tentang Kapsaisin?

Kapsaisin

Kapsaisin ( Capsaicin, 8-methyl-N-vanillyl-6-nonenamide) merupakan bahan kimia yang tidak berbau yang biasanya ada di tanaman cabai, dan mempunyai rasa yang pedas. Kapsaisin ini ada di dalam biji cabai yang berwarna putih. Jika kita menggigit biji cabai itu, maka kapsaisin akan memberikan sensasi terbakar atau panas pada lidah. Ini yang kita kenal sebagai rasa pedas.

Lidah kita dapat merasakan manis, asam, asin, dan pahit saja, sedangkan sensasi pedas itu bukanlah rasa yang bisa dideteksi lidah, melainkan rasa panas atau pedas dari kapsaisin.

Fungsi kapsaisin pada cabai adalah sebagai alat perlindungan dari serangan hewan pemangsa dan serangan jamur. Karena cabai menimpulkan panas dan pedas, hewan pemangsa tidak akan memakannya. Lalu jika jamur terkena kapsaisin, maka pertumbuhan jamur tersebut dapat terganggu.

Kulit yang terkena kapsaisin biasanya akan mengalami iritasi dan rasa panas yang tidak nyaman. Sedangkan kalau kita menginsumsi kapsaisin yang banyak, ini bisa membuat kita sakit perut, diare, mual, bahkan muntah. Kapsaisin yang terkena mata juga dapat membuat keluarnya air mata dan rasa sakit.