Apa yang anda ketahui tentang Kangguru Tanah?

Kanguru atau kangguru adalah hewan mamalia yang memiliki kantung (marsupialia). Kanguru mempunyai dua kaki belakang yang kuat, telapak kakinya yang besar didesain untuk meloncat. Kanguru biasa melompat dengan kecepatan 20–25 km/jam. Tapi mereka bisa melompat hingga kecepatannya menjadi 70 km/jam. Harapan hidup kanguru sekitar 9-18 tahun. Walau kadang-kadang ada kanguru yang bisa bertahan hidup hingga 28 tahun.

Kangguru diketahui memiliki otot tungkai depan (bisep) yang kuat, dan kini telah diketahui bahwa otot tersebut selain digunakan untuk berkelahi, juga digunakan untuk memikat betina.

Kanguru tanah atau Thylogale brunni adalah salah satu satwa asli Indonesia, yang berasal dari wilayah Papua.

Tinggi tubuh kanguru tanah sekitar 90 cm dan bobotnya 3-10 kg. Kanguru tanah salah satu kanguru terkecil di dunia. Kanguru tanah dari Papua ini mudah bersahabat dan ramah dengan manusia, jika dibandingkan dengan kanguru Australia.

Dedaunan, buah, dan umbi-umbian adalah makanan utama kanguru tanah.Anak kanguru tanah amat kecil, hanya sebesar lebah.Anak kanguru tanah akan berada di dalam kantung induknya selama 250 hari. Jika musim kering, kanguru tanah akan menggali tanah untuk mendapatkan akar-akaran.Kanguru tanah bercakar kecil dengan moncongnya agak tumpul dan tidak berbulu.Sementara ekor kanguru tanah makin meruncing ke ujung dan berbulu tidak begitu lebat