Apa yang anda ketahui tentang Kalender Mesir Kuno ?

astronomi

(Denta Kalla Nayyira) #1

Kalender Mesir Kuno

Apa yang anda ketahui tentang Kalender Mesir Kuno ?


(Vina Shaw) #2

Kalender Mesir kuno merupakan suatu sistem penanggalan yang tertua di dunia. Kalender kuno ini pertama kali disusun pada tahun 4240 SM.

Pada mulanya kalender ini, dasar perhitungannya adalah peredaran bumi, tetapi dalam perkembangan selanjutnya, diubahlah dasar perhitungannya dengan menggunakan peredaran matahari.

Dalam perkembangannya Kalender Mesir kuno ini juga ada tahun kabisat, yang terjadi pada tiap empat tahun sekali yang waktu satu tahunnya adalah lamanya bumi mengelilingi matahari yaitu 365 hari 5 jam 48 menit 46 sehingga umur kalender ini dalam satu tahun adalah 365,25 hari.

Kalender Mesir kuno ini terbagi dalam tiga musim yang masing-masing terdiri dari empat bulan. Empat bulan pertama adalah sebagai musim banjir, kemudian untuk musim dingin atau musim pembenihan adalah pada empat bulan kedua, sedangkan empat bulan ketiga sebagai musim panen atau musim panas. Tentang penamaan tahun dalam kalender ini dihubungkan dengan suatu peristiwa penting atau bilangan yang dikaitkan dengan suatu peristiwa penting tersebut.

Kalender Mesir kuno ini pada mulanya tidak nama-nama bulan, penamaan bulan hanya dengan bilangan misalnya bulan pertama, bulan kedua dan seterusnya sampai bulan ke duabelas. Keunikan lain dari kalender ini tidak ada satuan minggu seperti pada kalender yang lain.