Apa yang anda ketahui tentang Kalender Masehi ?

astronomi

(Denta Kalla Nayyira) #1

Kalender Masehi

Apa yang anda ketahui tentang Kalender Masehi ?


(Vina Shaw) #2

Kalender Masehiyah ini merupakan ciptaan Raja Romawi ke 2 yang bernama Numa Pompilius (716-673 SM). Dalam perjalanan kalender ini mengalami dua kali penyempurnaan perhitungan. Penyempurnaan (koreksi) pertama dilakukan oleh Julius Caesar pada tahun 46 SM dan penyempurnaan kedua oleh Palls Gregorius pada tahun 1582 M. Sejak saat itu kalender ini mulai banyak digunakan oleh negara-negara lain di seluruh penjuru dunia dan hingga kini merupakan kalender resmi internasional.

Pada mulanya kelender ini merupakan kalender Qomariyah, dan dalam setahun hanya mempunyai 10 bulan, tetapi dalam perkembangan selanjutnya kalender ini diubah menjadi kalender Syamsiah dan setahun mempunyai 12 bulan, serta diadakan perubahan dalam jumlah harinya.

Maka jadilah kelender ini sebagai berikut : Martius (31), Aprilius (29), September (21)), oktober (31), November (29). Desember (29), Januarius (29) dan Februarius (28). Kemudian pada tanggal 1 Januari sebagai awal tahun menggantikan tanggal 1 Maret. Sehingga akhirnya susunan bulan dimulai dari Januari, Februari, Maret seterusnya sampai Desember.

Semua kalender tidak ada yang sempurna, sebab jumlah hari dalam setahun tidak bulat. Untuk memperkecil kesalahan, harus ada tahun-tahun tertentu menurut perjanjian yang dibuat sehari lebih panjang (tahun kabisat atau leap year).

Pada kalender solar, pergantian hari berlangsung tengah malam midnight) dan awal setiap bulan (tanggal satu) tidak tergantung pada posisi bulan. Adapun pada kalender lunar pergantian hari terjadi ketika matahari terbenam (sunset) dan awal setiap bulan adalah saat konjungsi (Imlek, Saka, dan Budha) atau saat munculnya hilal (Hijriah, Jawa, dan Yahudi). Oleh karena awal bulan kalender Imlek dan Saka adalah akhir bulan kalender Hijriah, tanggal kalender Imlek dan Saka umumnya sehari lebih dahulu dari tanggal kalender Hijriah.