Apa yang anda ketahui tentang Johannes von Tepl itu?

Johannes von Tepl

Pada abad pertengahan akhir, muncul seorang sastrawan asal jerman bernama Johannes von Tepl. Siapakah dia secara spesifik?

Johannes von Tepl (sekitar tahun 1350 - c. 1415), juga dikenal sebagai Johannes von Saaz (bahasa Ceko : Jan ze Žatce ), adalah seorang penulis bahasa Bohemian dari bahasa Jerman , salah satu penulis prosa paling awal yang dikenal di Early New High German ( atau Jerman Tengah akhir — tergantung pada kriteria). Dia terpelajar dalam bahasa Ceko, Jerman dan Latin.

Tidak banyak yang diketahui tentang dia; sejarawan menganggap bahwa ia mungkin belajar di universitas di Praha , Bologna dan Padua . Pada tahun 1383, ia menjadi pengacara di Žatec (Saaz) dan pada tahun 1386 seorang rektor sekolah Latin kota. Dia tinggal di Praha dari tahun 1411. Dia menghabiskan hampir seluruh hidupnya di Kerajaan Bohemia , pada masa pemerintahan raja-raja Charles dan Wenceslaus .

Johannes von Tepl terkenal karena awal humanis puisi Der Ackermann aus Böhmen ( Ploughman dari Bohemia ), kadang-kadang juga disebut Der Ackermann und der Tod ( Ploughman dan Kematian ), yang ditulis sekitar 1401 dan pertama kali dicetak pada tahun 1460. Ini adalah dialog Kematian dan pembajak, yang menuduh Kematian karena istrinya Margaretha baru-baru ini meninggal. Tema utama buku ini adalah pandangan mereka yang berlawanan tentang kehidupan, manusia, dan moralitas. (Dalam sejarah Bohemia, bajak adalah simbol penting dari raja-raja Bohemian - Přemysl , pendiri legendaris dinasti Přemyslid , pada mulanya adalah seorang bajak laut.) Puisi ini dianggap sebagai salah satu puisi Jerman terpenting dalamAbad Pertengahan akhir.