Apa yang Anda ketahui tentang janji jari Kelingking?

janji kelingking

Pernahkah kalian melakukan janji jari kelingking? Mungkin pernah, waktu kecil dulu. Sebenarnya berasal darimana janji kelingking ini?

Di Jepang sendiri ada lagu anak-anak tentang yubikiri. Lagunya bersyair ‘Yubikiri genman, uso tsuitara hari senbon nomasu’ yang artinya ‘Janji kelingking, kalau kamu berbohong, aku akan membuatmu menelan seribu jarum’. Inti lagunya adalah mengenai kesepakatan memegang janji kelingking ini, barang siapa yang berbohong atau melanggarnya, maka harus menelan seribu jarum atau memotong jari kelingkingnya. Terdengar seram untuk lagu anak-anak.

Memotong jari kelingking jika melanggar janji awalnya merupakan kesepakatan yang dibuat oleh para yakuza di Jepang. Di zaman yang modern ini, janji kelingking sudah dianggap sebagai janji informal yang hanya dilakukan oleh anak kecil atau remaja dengan para sahabat atau orang-orang terdekat mereka. Sedangkan di Amerika, janji kelingking dikenal dengan istilah pinky swear. Apapun namanya, intinya janji kelingking diasosiasikan dengan janji yang sakral dan tidak boleh dilanggar.

Sumber:
sains.me