Apa yang anda ketahui tentang jaman jahiliyah?

Jaman jahiliyah

Apa yang anda ketahui tentang jaman jahiliyah?

Zaman jahiliah adalah zaman dimana banyak orang melakukan sesuatu hal tanpa di pikirkan akibat dan risiko yang akan terjadi padahal risiko dan akibat yang akan timbul sangat buruk bagi kehidupan dirinya sendiri maupun kehidupan orang lain, bisa di bilang zaman jahiliah adalah sebagai zaman bobroknya akhlaq dan moral setiap umat manusia atau zaman pembodohan.

Bila kita tarik ke belakang, zaman jahiliah bisa di bilang adalah zaman yang berkaitan dengan zaman sebelum datangnya Nabi Muhammad S.A.W karena pada zaman sebelum itu banyak masyarakat melakukan tindakan-tindakan bodoh seperti membunuh, berzinah dan melakukan hal-hal yang buruk secara terang-terangan.

Hal itu dikarenakan pada zaman tersebut tidak ada sosok pemimpin yang memberikan satu petunjuk tentang akhlaq, moral dan aturan hukum yang baik. Sebenarnya zaman ini pun tidak jauh berbeda dengan zaman tersebut hanya saja pada zaman ini sudah terdapat aturan tetapi tidak di yakini dengan baik dan benar.

Kata jahiliah sendiri memiliki 3 makna dalam pembentukan katanya yaitu :

  1. Tidak adanya ilmu pengetahuan, maksud dari makna tersebut adalah pengetahuan yang kita pelajari mungkin benar menurut banyak orang tetapi bila di lihat dari sudut pandang agama bisa jadi itu salah karena tidak berlandaskan dengan kitab-kitab suci yang telah di turunkan dan di sampaikan. Banyak orang yang salah kaprah dalam melihat sebuah pengetahuan karena mereka tidak menelitinya terlebih dahulu.

  2. Meyakini sesuatu secara salah, hal ini di maksudkan bahwa setiap keyakinan yang ada di dunia ini hanya di lihat dari sudut pandang diri sendiri. Hal itu menyebabkan pengertian bahwa keyakinan beragama dinomorduakan dan semua hal yang kita lakukan berdasarkan emosi atau akal kita sendiri.

  3. Melakukan sesuatu hal dengan menyalahi aturan yang sudah berlaku. Hal ini di maksudkan bahwa terjadi banyak pelanggaran yang seharusnya tidak kita lakukan tetapi tidak ada hukum yang bisa membatasi perilaku kita.

Zaman jahiliah adalah zaman dimana ada aturan baku dan hukum tetapi banyak orang yang masih melanggarnya karena akal manusia tidak dilandasi dengan keyakinan yang baik dan beragama yang baik.

Sumber : Apa yang Dimaksud Jahiliyah? - Islami[dot]co