Apa yang Anda ketahui tentang Jacques-Louis David?

Pelukis adalah seseorang yang menciptakan karya seni 2 dimensi berupa lukisan. Tidak hanya di Indonesia, tapi di dunia ini ada banyak sekali nama-nama pelukis yang terkenal salah satunya adalah Jacques-Louis David. Karya-karya mereka mampu menginspirasi banyak orang dan memunculkan kekaguman yang dalam. Apa yang Anda ketahui tentang Jacques-Louis David?

Jacques-Louis David

image


Jacques-Louis David lahir pada 30 Agustus 1748 dan meninggal pada 29 Desember 1825. Menurut saya, Jacques-Louis David adalah seorang pelukis yang berpengaruh pada aliran Neo-Klasik. Ia dianggap sebagai pelukis yang unggul dalam eranya. Ia juga murid dari J.M. Vien dan pernah mendapat hadiah dari Roma (prix de Rome) pada tahun 1774.

Pada tahun 1775-1780 dan 1784 ia tinggal di Roma. Jacques-Louis David melukiskan kondisi Revolusi Perancis secara monumental. Bahkan, ia di kemudian hari menjadi pelukis istana pada masa kekuasaan Napoleon. Karya-karyanya pada saat itu lebih menggambarkan peristiwa bersejarah daripada estetik. Di antara lukisannya yang terkenal, adalah Upacara Penobatan Napoleon dan Kematian Marrat. Dengan berakhirnya kekuasaan Napoleon, Jacques-Luois kemudian diasingkan ke Belgia, yaitu pada tahun 1816. Walaupun ia berkerja kepada Napoleon yang dianggap sebagai rezim militer, ia tetap bekerja dengan manjaga jarak terhadap kepentingan kekuasaan. Ia hanya menuangkan gagasan tentang apa yang benar-benar terjadi pada lukisannya.