Apa yang Anda ketahui tentang Indeks S&P 500?

Saham

Kontrak opsi pertama kali diperdagangkan pada tahun 1973 di Chicago Board Options Exchange (CBOE). Kontrak opsi yang pertamakali diperdagangkan adalah kontrak call option, pada tahun 1977 barulah CBOE mendaftarkan perdagangan kontrak put option di pasarnya. Ada banyak aset yang diperdagangkan selain saham, secara umum kontrak opsi ini dikelompokkan menjadi empat yaitu, stock index option atau market index option, future option, foreign currency option, dan interest rate option. Salah satu Stock index option yang sering diperdagangkan dan mendominasi di pasar CBOE adalah jenis Indeks S & P 500.

Apa yang Anda ketahui tentang Indeks S&P 500?

Indeks S&P 500 merupakan salah satu indeks yang menjadi acuan harga saham. Indeks ini merupakan indikator untuk mencerminkan kinerja saham-saham dari perusahaan berkapitalisasi besar. Indeks ini diperkenalkan oleh lembaga pemeringkat Standard & Poor’s pada 1 Januari 1957. Isi indeks yang cukup beragam mencerminkan keadaan perekonomian AS juga seperti indeks Dow Jones. Saham yang masuk ke dalam indeks S&P diperhitungkan oleh Komite Indeks S&P yang terdiri atas analis dan ekonom S&P. Beberapa perusahaan yang termasuk di dalam indeks ini antara lain adalah Apple, Microsoft, Amazon dan Facebook.

Standard & Poor’s 500 atau S&P 500 adalah sebuah indeks yang terdiri dari saham 500 perusahaan dengan modal besar, kebanyakan berasal dari Amerika Serikat. Indeks ini merupakan indeks paling terkenal yang dimiliki dan dirawat oleh Standard & Poor’s , sebuah divisi dari McGrawHill.

Seluruh saham yang terdaftar dalam indeks ini adalah perusahaan publik besar dan diperdagangkan di bursa saham utama di AS seperti Bursa saham New York dan Nasdaq. Setelah Dow Jones Industrial Average, S&P 500 adalah indeks yang paling banyak diperhatikan.

Banyak dana indeks dan dana exchange-traded melacak performa S&P 500 dengan memegang saham yang sama dengan indeks tersebut. Sebuah perusahaan yang sahamnya dimasukkan ke dalam daftar ini, harga saham perusahaan tersebut akan meningkat.

Standard & Poor’s atau juga dikenal dengan sebutan (S&P) adalah salah satu anak perusahaan dari McGraw-Hill yang merupakan perusahaan pemeringkat atas saham dan obligasi, yang merupakan salah satu dari 3 perusahaan besar dalam industri pemeringkatan efek bersama Moody’s dan Fitch Ratings .

Salah satu produknya yang dikenal secara luas adalah pemeringkatan atas 500 saham di Amerika yang dikenal dengan nama S&P 500, dan pemeringkatan 200 saham di Australia yang dikenal dengan nama Indeks Harga Saham Gabungan S&P/ASX 200 dan pemeringkatan di Kanada yang dikenal dengan nama S&P/TSX.

Standard & Poor’s menjalankan kegiatan usahanya dibidang jasa keuangan dimana produk yang dihasilkannya adalah berupa peringkat kredit, penelitian saham (ekuitas), indeks S&P, keuangan, solusi risiko, jasa kepatuhan, evaluasi, layanan data. Anak perusahaannya yang bernama Capital IQ, menyediakan informasi dan solusi arus kerja kepada lembaga keuangan, lembaga penasehat keuangan, dan perusahaan dengan cara menyediakan informasi keuangan secara terintegrasi dan solusi tekhnis termasuk laporan keuangan teraudit dari perusahaan, menampilkan analisis berdasarkan gabungan data keuangan dan non keuangan, kumpulan data (database) terintegrasi dari pasar modal, dan berbagai sarana pengembangan yang berhubungan. Perusahaan ini melayani berbagai lembaga profesional, lembaga keuangan, perusahaan, penasehat keuangan, dan investor perorangan di berbagai belahan dunia