Apa yang Anda ketahui tentang indeks lemak tubuh?

Apa yang Anda ketahui tentang indeks lemak tubuh ?

Apa yang Anda ketahui tentang indeks lemak tubuh ?

1 Like

Mungkin yang dimaksud indeks lemak tubuh itu presentase lemak tubuh. Presentase lemak tubuh adalah presentase berat lemak total dalam tubuh terhadap berat badan. Pada penilaian presentase lemak tubuh digunakan pengukuran antropometri dengan objek pengukuran lemak tubuh yang terakumulasi di bawah kulit yang dikenal dengan sebutan lemak subkutan.

Persentase lemak tubuh umumnya digunakan untuk menentukan komposisi optimal tubuh seseorang. Persentase lemak tubuh optimal pada anakanak dan remaja yaitu 11-20% untuk laki-laki dan 16-25% untuk perempuan. Pengukuran komposisi tubuh secara rutin diperlukan untuk memonitor perubahan massa otot dan massa lemak tubuh. Penurunan massa otot dan/atau peningkatan massa lemak tubuh memberikan dampak negatif pada metabolisme tubuh, kekuatan, dan daya tahan (Manore et al., 2009).

Persentase lemak berlebih biasanya dialami oleh orang gemuk (overweight) dan obesitas. Cara untuk menentukan klasifikasi seseorang termasuk underweight, normal, overweight, atau obesitas yang paling sering digunakan yaitu Indeks Massa Tubuh (IMT) dimana berat badan dalam satuan kilogram yang dibagi tinggi badan kuadrat dalam satuan meter seperti rumus berikut :

Referensi

https://sinta.unud.ac.id/uploads/dokumen_dir/76658982175897325fef0382a6489ed3.pdf