Apa yang anda ketahui tentang Ikan Tuna Mata Besar ?

Ikan Tuna Mata Besar (Thunnus Obesus) dapat mencapai ukuran 230 cm dan berat 225 kg, namun ukuran umum yang tertangkap antara 60-180 cm. Dan ikan ini mencapai ukuran dewasa pada ukuran 90-120 cm dan dapat mengandung telur sebanyak 2,8 - 3,6 juta butir.

Tuna mata besar banyak ditemukan di Samudra pasifik dan Samudra Hindia. Di Indonesia, tuna ini banyak tertangkap di sebelah selatan Jawa, barat daya Sumatera Selatan, Bali, Nusa Tenggara, Laut Banda, dan Laut Maluku.

Ketika masih berukuran kecil, tuna mata besar sulit dibedakan dengan ikan tuna madidihang (Thunnus Albacares) dan ikan tuna Albakor (thunnus alalunga) karena mempunyai bentuk yang hampir sama. Pada ikan yang berukuran sekitar 80 kg/ekor, pada sirip dadanya hampir serupa dengan sirip dada madidihang dan Albakor.

Pada ikan yag lebih besar dengan mudah dapat dibedakan dengan madidihang dan albakor, dimana sirip punggung ke-2 dan sirip dubur madidihang berbentuk panjang melengkung, sedang pada albakor sirip dada jauh di belakang sirip punggung ke-2, sementara pada tunamata besar sirip ini tidak kelihatan mencolok, tetapi lebih panjang dari pada sirip dada madidihang.

Sirip punggung mata besar berwarna keabu-abuan dengan jari-jari sirip berwarna kuning, yang pada pinggirannya berwarna coklat tua dan tidak teratur. Sirip dada atas hitam dengan bagian bawah keabu-abuan.

Sirip dubur putih dengan ujung kuning dan jari-jari yang berwarna keabu-abuan. Pada umumnya badan bagian atas berwarna biru tua dan bagian bawah berwarna keperak-perakan dengan batas yang cukup jelas.

Apa yang anda ketahui tentang Ikan Tuna Mata Besar ?

Sumber : https://www.infoikan.com/2017/04/jenis-ikan-tuna-yang-populer-di-dunia.html