Apa yang anda ketahui tentang Ikan Oscar ?

Ikan oscar

Ikan oscar (Astronotus ocellatus ) merupakan spesies ikan dari keluarga cichlid. Ikan Oscar dapat tumbuh hingga panjang sekitar 45 cm dan berat 1,6 kilogram. Bentuk ikan oscar yang ditangkap secara liar biasanya berwarna gelap dengan bercak kuning atau oselus pada batang ekor dan di sirip dorsal.

Apa yang anda ketahui tentang Ikan Oscar ?

Morfologi Ikan Oscar

  • Ikan Oskar telah dilaporkan bisa tumbuh menjadi sekitar 45 cm ( 18 in) panjang dan 1,6 kilogram (3,5 lb) berat.

  • Bentuk liar tertangkap dari spesies biasanya berwarna gelap dengan bintik-bintik kuning cincin atau ocelli pada batang ekor dan sirip punggung.

  • Ocelli ini telah diusulkan berfungsi untuk membatasi sirip – menggigit dengan piranha ( Serrasalmus spp,) yang co – terjadi dengan A. ocellatus dalam lingkungan alam.

  • Spesies ini juga dapat dengan cepat mengubah pewarnaan nya, suatu sifat yang memfasilitasi perilaku teritorial dan tempur ritual antara individu sejenis.

  • Oscar Juvenile memiliki pewarnaan yang berbeda dari orang dewasa , dan bergaris dengan band-band bergelombang putih dan oranye dan telah melihat kepala.

Sifat Ikan Oscar

  • Ikan ini tergolong predator jadi sebaiknya jangan campurkan dengan jenis ikan lain karena kemungkinan bisa diserang dan dimakan, dan apabila anda campurkan dengan ikan jenis predator lain maka kemungkinan juga akan berkelahi.

  • Ikan Oscar suka hidup bergerombol dengan air yang tenang dan bersih, dan idealnya pada suhu air sekitar 26-30 Derajat Celcius. Sehingga akan lebih baik jika anda memelihara ikan Oscar lebih dari satu dan ukuran aquarium juga harus menyesuaikan.

  • Selain itu pada habitat aslinya ikan Oscar lebih suka hidup di sungai yang dasarnya berpasir batu, dan sekelilingnya terdapat akar-akar pohon. Dengan demikian anda harus menyesuaikan kondisi tersebut pada aquarium anda, pilihlah aksesoris-aksesoris aquarium yang sesuai.

  • Untuk faktor makanan, karena ikan ini adalah pemangsa maka berikan makanan yang masih hidup seperti udang kecil atau ikan kecil, dan biarkan ikan Oscar memangsanya sendiri.

Oscar dikenal juga sebagai ikan cerdas, setingkat di atas kecerdasan ikan hias lainnya. Menurut beberapa peternak ikan hias oscar, kecerdasan inilah yang salah satu faktor orang tergila-gila pada oscar. Ia amat kenal dengan majikannya. Bila tuannya pulang, ia akan menyambut dengan mulutnya yang lebar ke dinding akuarium.

Keunikan lainnya dari ikan hias oscar ini ketika disambut atau ada orang datang mereka akan menyambutnya sambil pawai keliling, lebih lagi lebih lagi mereka termasuk tanggap terhadap irama musik, intensitas cahaya, yang semua ini membuat gerakan oscar makin menarik saja di mata sang pemelihara ikan.

Sebelum melakukan budidaya ikan oscar, sobat harus mengenal sifat yang menonjol ini. Yaitu ia paling tabu bergonta-ganti pasangan. Sekali menentukan pasangan (oscar dewasa) ia setia seumur hidup.

Bagi yang pertama kali memelihara ikan oscar di akuarium, pertama kali harus mengetahui, ia membutuhkan jenis akuarium yang besar. Lengkapi juga jenis tanaman air yang halus dalam akuarium.