Apa yang anda ketahui tentang ikan Mas Oranda ?

Ikan mas koki oranda

Ikan mas koki oranda memiliki harga yang tidak begitu mahal dan memiliki corak warna yang cantik. Ikan mas koki oranda jumbo bisa memiliki ukuran dua kali lipat ikan koki pada umumnya. Bentuk tubuh dan warnanya sangat cantik.

Apa yang anda ketahui tentang ikan Mas Oranda ?

Ikan Mas Koki Oranda adalah ikan yang sangat populer dan paling terkenal di seluruh dunia dibandingkan dengan ikan- ikan mas koki jenis lain.

Ciri ciri ikan koki oranda yang paling menarik adalah adanya jambul di atas kepalanya yang kadangkala sampai menutui muka dan matanya. Jambul itu terdiri dari tonjolan- tonjolan daging yang berisi cairan yang biasa disebut “wen”. Wen ini mulai muncul pada ikan mas koki oranda di usia 3-4 bulan, tapi akan benar- benar sempurna bentuknya setelah ikan mas koki oranda berumur 2- 2,5 tahun, bagian wen ini butuh pengamatan ekstra hati- hati karna rentan terhadap bakteri atau jamur.

Tubuh ikan koki oranda berbentuk besar dan bulat, sisik berkilauan, dan memiliki sepasang ekor panjang yang bisa tumbuh sampai empat kali panjang tubuhnya. Semua sirip dan ekor pada ikan koki oranda ini berpasangan kecuali sirip punggungnya. Keindahan lainnya adalah sirip dan ekor akan mengembang saat ikan ini berhenti berenang Hal ini tidak mengherankan kalau orang Cina menyebutnya sebagai “bunga air.” ikan oranda bisa mencapai panjang 30cm pada usia dewasa. suhu untuk pemeliharaan ikan ini juga cukup mudah yaitu berkisar antara 17-28 derajad celsius.

Ikan mas koki oranda yang ada sekarang ini adalah sisik metalik (matte) dan tersedia juga dalam berbagai macam warna, yaitu merah, hitam, belacu, coklat, merah kombinasi / putih, dan baru-baru ini dikembangkan biru ( warana biru masih jarang di temukan) dan yang paling populer adalah red cap oranda, yaitu memiliki warna putih metalik di seluruh tubunhnya kecuali tudung/ jambulnya yang memiliki warna merah cerry yang terlihat seperti topi. berikut gambar redcap oranda.

sumber : Ikan Mas Koki Oranda | Akuarium Mas Koki