Apa yang anda ketahui tentang ikan Mas Koki Mutiara ?

Ikan mas koki mutiara

Ikan mas koki mutiara merupakan ikan koki yang cantik dan banyak dicari oleh pecinta ikan hias. Ikan mas koki mutiara memiliki ciri khas berupa pola sisik menyerupai sebuah mutiara.

Apa yang anda ketahui tentang ikan Mas Koki Mutiara ?

Ikan Mas koki Mutiara (Carassius auratus) berasal dari negara china dan jepang dan termasuk didalam keluarga Cyprinidae. Ikan ini hidup di lingkungan air tawar dengan suhu antara 18 – 25 derajat Celcius dan merupakan jenis ikan yang bersifat omnivora dengan jenis makanan terdiri dari Pelet, serpih, makanan hidup, sayuran dan buah buahan

Umur hidupnya berkisar antara 10-15 tahun dan termasuk mudah untuk dipelihara.

Bentuk tubuh
Bentuk tubuh ikan jenis ini adalah bulat dan mirip dengan bola kasti dengan sirip yang panjang atau pendek. Kedalaman tubuh ikan ini setidaknya 2/3 dari panjang tubuh. Sirip ekor ganda yang bercabang dan bertahan di atas horizontal.

Karena tubuh telur bentuknya, ikan mas koki Mutiara bukanlah perenang yang sangat baik dan tidak sangat kompetitif ketika makanan disajikan. Sisi mutiara dapat dengan mudah rusak oleh penanganan yang kasar dan benda tajam di akuarium.

Hati-hati saat memindahkan menggunakan jaring karena ketika mereka kehilangan ‘mutiara’ skala itu hanya akan tumbuh skala biasa. Pasangan yang ideal terbaik untuk ikan mas koki Mutiara adalah ikan mas berekor ganda, ikan mas perenang lambat seperti ikan mas Fantail, ikan mas koki Ranchu, ikan mas kiki Lionhead, ikan mas kiko Black Moor atau varietas lain yang sejenis. Jangan mencampur dengan varietas ikan berekor tunggal, seperti ikan mas Komet, ikan mas Shubunkins atau ikan mas Common.

Berdasarkan warna, banyak sekali ragam warna koki mutiara. Beberapa diantaranya yang telah banyak dikenal adalah merah keemasan, putih polos, kuning, marbel (belang), campuran merah dan putih, rasket (bentuk seperti maskoki Kaliko, warnanya kombinasi merah dan putih), serta hitam polos.

Sumber :