Apa yang anda ketahui tentang ikan Lionfish ?

Ikan Lionfish atau Ikan Singa

Ikan Lionfish atau Ikan Singa merupakan ikan berbisa yang berasal dari famili cropaenidae yang berarti ikan kalajengking ikan ini memiliki sekitar lima marga dan enam belas spesies dan hidup alami di celah berbatu Indo-Pasifik dan Laut Merah.Ikan ini bukanlah ikan asli daerah tropis atau hangat didunia.

Ikan Lionfish merupakan salah satu ikan eksotis yang paling berharga dalam dunia perdagangan ikan hias. ada sebelas spesies dari generasi berbeda yaitu Pterois dan Dendrochirs yang biasa digunakan sebagai ikan hias dalam akuarium di rumah. Perbedaan Pterois dan Dendrochris terletak pada bentuk sirip yang mereka miliki. Pada Pterois, sinar sirip individu mnyearungkan ke membran. Sedangkan pada Dendriochirus berupa sirip individu yang berada bersama membran ikat.

Ikan ini memiliki ciri-ciri khusus pada tubuhnya antara lain warna palet dan ukuran khusus spesies yang menciri, panjang dewasa mencapai lima sampai enam inci pada ikan singa Dwarf, dan dapat disimpan dalam akuarium sebesar 30 galon. Spesies ini sebenarnya bisa tumbuh lebih panjang sekitar lima belas inci dengan tangki sebesar 75-100 galon.

Karena penampilan dan warnanya yang mencolok, ikan ini sering menarik perhatian predatornya. Sayangnya, ikan juga memiliki alat perlindungan diri berupa duri dan rumbai-rumbai pada tubuhnya untuk mempertahankan dirinya. Duri-duri tersebut memiliki racun yang bisa membunuh sang predator yang ingin memangsanya. Ketika merasa terancam ikan akan menegakkan delapan belas jarum untuk menyerang mangsa dan predatornya. Mereka menggunakan penyamaran dan refleks yang sangat bagus ketika merasa terancm dan sedang berburu.

Ikan ini cantik namun beracun, dan bisa memberikan efek racun antara lain: pusing, sakit yang luar biasa, muntah-muntah, dan kesulitan bernafas. Jadi apabila ada yang ingin memeliharanya, saya sarankan jangan.

Sumber:
https://www.daftarikanhias.web.id/ikan-lionfish-ikan-indah-nan-beracun-yang-hidup-di-laut-tropis/