© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang anda ketahui tentang Ikan koi?

Koi

Ikan hias Koi adalah ikan yang berasal dari negara tirai bambau (jepang). Di jepang sendiri ikan ini dijadikan semacam lambang atau simbol persahabatan atau cinta.

Hal tersebut dikarenakan ika koi merupakan ikan homofon untuk kata lain yang bermakna kasih sayang atau cinta.Jadi tidak ada salahnya jika kamu memelihara ikan ini di rumah, dilihat dari segi bentuk tubuh dan warnanya ikan ini juga salah satu ikan yang banyak di minati oleh orang baik untuk di pelihara di Aquarium maupun Kolam.

Ikan koi berasal dari keturunan ikan karper hitam dan menghasilkan keturunan yang berwarna-warni. Ikan koi memiliki klasifikasi yang sama dengan ikan mas sebagai berikut ;

  • Filum : Chordata
  • Sub filum : Vertebrata
  • Kelas : Osteichtyes
  • Ordo : Cypriniformei
  • Family : Cyprinidae
  • Genus : Cyprinus
  • Spesies : Cyprinus carpio

Morfologi Ikan Koi ( Cyprinus carpio )

Ikan koi termasuk ke dalam golongan ikan carp (karper). Harga koi sangat ditentukan berdasarkan bentuk badan dan kualitas tampilan warna. Ikan koi pertama kali dikenal pada dinasti Chin tahun 265 dan 361 Masehi. Koi dengan keindahan warna dan tingkah laku seperti yang kita ketahui saat ini, mulai dikembangkan di Jepang 200 tahun yang lalu di pegunungan Niigata oleh petani Yamakoshi (Twigg, 2008).

Menurut Susanto (2000), tubuh ikan koi berbentuk seperti torpedo dengan alat gerak berupa sirip. Sirip-sirip yang melengkapi bentuk morfologi ikan koi adalah sirip punggung, sepasang sirip dada, sepasang sirip perut, sirip anus, dan sirip ekor.

Sirip pada koi terdiri atas jari-jari keras, jari-jari lunak, dan selaput sirip yang berfungsi sebagai alat gerak. Sirip punggung memiliki 3 jari-jari keras dan 20 jari-jari lunak. Sirip perut hanya memiliki jari-jari lunak sebanyak 9 buah. Sirip anus memiliki 3 jari-jari keras dan 5 jari-jari lunak. Pada sisi badan dari pertengahan batang sampai batang ekor terdapat gurat sisi yang berguna sebagai penerima getaran suara. Garis ini terbentuk dari urat-urat yang ada di sebelah dalam sisik yang membayang hingga keluar (Susanto, 2000).

Morfologi Ikan koi
Gambar. Morfologi Ikan koi

Pada awalnya ikan koi hanya memiliki warna tunggal yaitu hitam (karasugoi dan sumigoi), merah (benigoi, higoi, akagoi), putih (shiromuji), keemasan (kingoi), dan putih keperakan (gingoi). Seiring dengan perkembangan teknik budidaya, koi yang pada awalnya hanya memiliki satu warna saja saling disilangkan sehingga menghasilkan ikan koi yang memiliki dua warna, tiga warna, bahkan lima warna.

Koi juga dapat mendengar dan akan merespon suara- suara. Umumnya Koi mencapai ukuran 50% dari panjang ukuran koi dewasa dalam 24 bulan, biasanya pertumbuhannya tergantung dari besarnya media pemeliharaan. Juga faktor lain seperti kualitas air, oksigen, filtering, dan makanan. Garis keturunan Koi juga sangat berpengaruh erat dengan kualitasnya.

Rata-rata ikan koi bisa hidup antara 20-30 tahun.