© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang anda ketahui tentang ikan gurami ?

ikan gurame

Ikan Gurami (Osphronemus goramy) adalah sejenis ikan air tawar yang populer dan disukai sebagai ikan konsumsi di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Di samping itu, di negara-negara lainnya gurami juga sering dipelihara dalam akuarium.

Klasifikasi Ikan Gurami

  • Kingdom : Animali
  • Filum : Cordata
  • Subfilum : Vertebrata
  • Kelas : Pisces
  • Subkelas : Teleostei
  • Ordo : Labyrinthici
  • Subordo : Anabantoidae
  • Genus : Osphronemus
  • Species : Osphronemus gouramy

Habitat Ikan Gurami

Ikan Gurami merupakan ikan asli Asia Tenggara yang penyebarannya meliputi beberapa wilayah Indonesia seperti Pulau Jawa, Sumatera & Kalimantan. Pada habitat awalnya ikan ini merupakan asli sungai ataupun rawa, ikan Gurami merupakan herbivora atau pemakan daun-daunan, dan termasuk ikan yang mempunyai alat pernapasan tambahan berupa labirint. Ikan Gurami terkenal dengan pertumbuhan yang lambat sehingga hal ini memberikan peluang bagi para pembudidaya untuk lebih mengembangkan cara budidaya yang baik, praktis dan efisien untuk mempercepat laju pertumbuhan ikan gurami. Kehidupannya yang menyukai perairan bebas arus itu terbukti ketika ikan Gurame sangat mudah dipelihara di kolam-kolam tergenang (Kristina dan Sulantiwi, 2015).

Menurut Ghofur et al. (2014), Ikan Gurami (O. gouramy) hidup dan berkembang biak diperairan tawar seperti rawa, waduk, dan danau. Ikan Gurami (O. gouramy) menyukai kolam yang tidak banyak mengalami pergerakan air, karena ikan lebih menyukai bergerak naik turun dibandingkan dengan berenang secara horizontal. Habitat asli atau tempat hidup gurami adalah rawa di dataran rendah. Salah satu faktor yang membedakan dataran rendah dan dataran tinggi adalah suhu. Suhu di dataran rendah lebih tinggi dibandingkan di dataran tinggi. Berkaitan dengan suhu, ikan ini tumbuh dengan baik pada suhu antara 24o – 28oC.

Morfologi Ikan Gurami

Ikan gurami memiliki bentuk tubuh dan badan memanjang mecapai 65 cm, tinggi dan pipih kesamping. Memiliki ukuran mulut relatif kecil, miring dan mempunyai muncung. Ikan gurami juga memiliki garis lateral tunggal, tidak terputus dan lengkap. Serta memiliki sisik yang sangat licin dan kasar serta berbentuk stenoid ( bulat ).

Ikan gurami juga memiliki gigi rahang di bawah, mempunyai ekor dengan ciri khas seperti bulan yang berwarna hitam atau gelap. Selain itu, ekor pada ikan ini juga mempunyai sirip ekor yang membulat serta di lengkapi juga sepasang sirip yang tampak bagus.

Secara umumnya, ikan gurami ini memiliki warna kecoklatan hingga kehitaman dengan di tandai bintik – binti hitam dan juga putih di bagian sirip dada. Namun, perlu di ketahui tebal daging pada ikan gurami ini mencapai 1-2 cm dan juga memiliki sisik yang sangat halus. Oleh karena itu, banyak sekali yang menyukai ikan ini karena memiliki daging yang sangat tebal.

Selain memiliki daging yang sangat tebal ikan gurami juga sangat mudah di olah atau pun di buat apa saja baik makanan, maupun masakan dengan rasa yang nikmat dan enak.

Apa yang anda ketahui tentang ikan gurami ?

Ikan


Ikan merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung berbagai macam zat, selain harga yang umumnya lebih murah, absorpsi ikan lebih tinggi dibandingkan dengan produk hewani lain seperti daging sapi dan ayam, karena daging ikan mempunyai serat-serat protein lebih pendek dari pada serat-serat protein daging sapi atau ayam.

Jenisnya pun sangat beragam dan mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya adalah mengandung omega 3 dan omega 6, dan kelengkapan komposisi asam amino. Ikan juga dapat menurunkan kolesterol darah, menurunkan kadar trigliserida darah, meningkatkan kecerdasan anak dan meningkatkan kemampuan akademik, menurunkan resiko kematian karena penyakit jantung, mengurangi gejala rematik, menurunkan aktivitas pertumbuhan sel kanker dan juga mengandung omega 3 dan omega 6 (Anonim, 2008).

Ikan Gurami (Osphronemus gouramy)


Gurami adalah ikan air tawar yang banyak menghuni rawa-rawa, danau, atau daerah perairan tenang. Sebagai ikan hasil budi daya, gurami banyak dipilih petani karena mampu berbiak secara alami dan mudah dalam pemberian pakan. Dari aspek bisnis keuntungan yang bisa didapat adalah harga jual yang cukup tinggi dan relatif stabil. Gurami sangat peka terhadap suhu dingin. Suhu air optimal untuk pertumbuhaannya adalah 24-280C. Bentuk fisik gurami sangat khas. Tubuhnya pipih dan agak panjang. Bagian dahi gurami dewasa terdapat tonjolan mirip cula. Tonjolan ini tidak ditemukan pada gurami muda (anakan). Pada gurami anakan terdapat ciri khas berupa garis-garis hitam yang melintang ditubuhnya. Rata-rata ikan gurami memiliki mulut yang kecil dengan bibir bagian bawah terlihat sedikit lebih panjang dibandingkan bibir atas. Panjang gurami dewasa dapat mencapai 65 cm dan berat 10 kg,. Secara alami pertumbuhan paling pesat terjadisaat mencapai 3-5 tahun. Gurami memiliki kemampuan mengambil oksigen dari udara karena adanya labirin yang terletak diatas atau dibelakang insang. Karena itu, gurami sering dijumpai mengeluarkan mulutnya diatas

permukaan air. Dengan kemampuannya ini, gurami dapat hidup di perairan yang kandungan oksigennya terbatas (Agus, dkk., 2002).

Klasifikasi ikan gurami berdasarkan ilmu taksonomi adalah sebagai berikut :

  • Kingdom : Animalia

  • Filum : Chordata

  • Kelas : Pisces

  • Ordo : Anabantoidei

  • Famili : Osphronemidae

  • Marga : Osphronemus

  • Jenis : Osphronemus goramy