Apa yang anda ketahui tentang ikan giant kokopu ?

Ikan Giant kokopu (Galaxias argenteus) merupakan ikan terbesar dari 34 spesies Galixias dalam family Galaxidae di alam liar, yang merupakan ikan air tawar endemik dari kepulauan New zealand. Beberapa sumber menyebutkan bahwa habitat ikan ini berada di sungai-sungai dan perairan dekat pantai dengan kedalaman air > 0,75 m.

Habitat Ikan Giant Kokopu

Sungai Nukumea di sebelah utara Orewa diyakini sebagai habitat terbaik buat Giant kokopu. Walaupun ikan air tawar, dilaporkan bahwa anakan ikan akan pergi ke laut untuk makan dan tumbuh, dan akan kembali lagi ke sungai setelah beberapa bulan. Proses breeding sendiri terjadi di air tawar namun anakannya langsung akan menuju laut yang dikenal dengan istilah “Whitebait”.

Giant kokopu bukanlah ikan permukaan ataupun ikan yang suka masuk atau merembes ke tanah, ikan ini lebih suka berenang terutama di perairan berarus tenang. Perairan dengan vegetasi yang banyakpun seperti rawa atau danau juga disukai oleh ikan ini. Giant kokopu diperkirakan mecapai usia dewasa setelah berusia tiga tahun dan dapat hidup selama beberapa tahun (sumber lain menyebutkan usia hidup ikan ini berkisar 10 tahun). Namun setelah diatas tiga tahun, pertumbuhan ikan akan melambat dengan laju pertumbuhan 1,9-13,3 mm pertahunnya.