Apa yang anda ketahui tentang ikan empat mata (anableps anableps) ?

Ikan empat mata** atau **_Four Eyed Fish

Ikan empat mata atau Four Eyed Fish (Anableps anableps) merupakan ikan dari keluarga Anableps yang mempunyai mata unik. Mereka tersebar di bumi Amerika tengah dan selatan dari Venezuela melewati Guyana, Suriname, French Guiana dan berakhir di delta Amazon Brazil. Ikan golongan livebarrier ini mempunyai penampilan mata yang tidak biasa.

Walaupun dijuluki bermata empat namun sebenarnya mereka hanya memiliki dua mata. Dua mata tersebut beradaptasi luar biasa untuk menunjang keberlangsungan hidupnya. Mata ikan dilengkapi dengan jaringan pigmen pita yang membagi mata secara horisontal menjadi dua bagian. Hal ini membuat ikan saat mengapung di permukaan air dapat melihat dua arah sekaligus yakni bagian bawah mata dapat melihat di dalam air dan bagian atas mata dapat melihat di atas permukaan air.

Jaringan pita ini juga membagi pupil mata menjadi dua yaitu pupil dalam air dan pupil atas air, hal inilah yang membuat ikan ini dujuluki bermata empat. Kedua pupil dihubungkan dengan bagian yang bernama iris. Dengan kemampuan ini ikan beradaptasi untuk melihat di udara dan di dalam air secara bersamaan. Lensa mata akan mengubah ketebalannya dari atas ke bawah saat melihat objek di udara dan air.

Apa yang anda ketahui tentang ikan empat mata (anableps anableps) ?

Sumber: