Apa yang anda ketahui tentang ikan Cryptotora Thamicola ?

ikan Cryptotora Thamicola

The waterfall climbing cave fish (Cryptotora thamicola), juga dikenal sebagai cave angel fish mempunyai panjang 2,8 sentimeter. Ikan ini dikenal dengan karena kamampuan siripnya, yang dapat berjalan di darat dan digunakan untuk memanjat dinding.

Apa yang anda ketahui tentang ikan Cryptotora Thamicola ?

Ikan tersebut memiliki nama latin yaitu Cryptotora Thamicola. Ia merupakan spesies ikan paling langka di Thailand Utara. Ikan ini dapat tumbuh hingga 1,1 inci dan mata ikan ini tidak terlihat sama sekali.

Sekitar 375 juta tahun yang lalu nenek moyang makhluk darat keluar dari lautan sehingga kemudian muncullah makhluk-makhluk baru yang bisa berjalan di daratan. Selama puluhan tahun ilmuwan sudah menemukan bukti kuat tentang kebenaran teori itu. Banyak ilmuwan yang mencari fosil-fosil hewan darat dan laut serta melihat karakteristiknya. Tujuan pencarian tersebut adalah untuk menemukan hewan laut yang punya karakteristik hewan darat ataupun sebaliknya. Kini pencarian tersebut sudah terbukti dan ilmuwan yang bernama Dr Brooke Flammang berhasil menemukan makhluk itu.

Dr Brooke Flammang mengungkapkan bahwa ikan iyu dapat ditemukannya dialiran yang deras seperti jeram dan air terjun. Ikan itu umumnya mendaki permukaan batu terjal di air terjun yang mengalir cepat. Panggul dan tulang belakang ikan tersebut berfungsi untuk menopang berat badan terhadap gravitasi dan mengandalkan otot mereka untuk berjalan.

Ikan Cryptotora Thamicola buta karena kondisinya yang memang tidak memiliki cahaya. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Scientific Reports, ikan itu menggunakan metode unik dari gerakan yang memungkinkannya untuk berjalan seperti binatang berkaki empat bahkan dapat memanjat jalan sampai air terjun. Ia memiliki fitur morfologi yang sebelumnya hanya digunakan oleh mamalia berkaki empat. Ketika Flammang pertama kali melihat ikan merah muda ini dalam rekaman yang diambil oleh penulis Daphne Soares dan ia terpesona oleh gerakkan nya. Biasanya ikan lain menggunakan sirip untuk berjalan tetapi ikan ini justru berjalan dengan menggunakan keterampilan barunya.

Ikan tersebut sering berada dalam kegelapan di gua-gua Thailand dan sangat cepat bergerak di batu serta aliran air terjun yang deras. Ia berjalan secara cepat keatas dan penelitian juga mengatakan bahwa kecepatan yang dimilikinya untuk berjalan berasal dari mata yang berfungsi dengan baik ketika berada dalam aliran air yang deras. Spesies itu sebenarnya sudah ditemukan pada tahun 1985. Namun kemampuannya berjalan seperti hewan darat baru saja terungkap. Spesies ini benar-benar terlihat menikmati perjalanannya di atas permukaan batuan persis seperti hewan berkaki empat.