Apa yang anda ketahui tentang Ibn Sina atau Avicenna ?

Apa yang anda ketahui tentang Ibn Sina atau Avicenna ?

2 Likes

Sekitar tahun tahun 366 hingga 387 hijriyah saat beliau sudah menjadi dokter terkenal sehingga Raja Bukhara Nuh bin Mansur meminta beliau untuk mengobatinya.

Pada zaman tersebut ilmuwan-ilmuwan muslim banyak menerjemahkan teks ilmu pengetahuan dari Yunani, Persia dan India. Teks Yunani dari zaman Plato, sesudahnya hingga zaman Aristoteles secara intensif banyak diterjemahkan dan dikembangkan lebih maju oleh para ilmuwan Islam.

Pengembangan ini terutama dilakukan oleh perguruan yang didirikan oleh Al-Kindi. Pengembangan ilmu pengetahuan di masa ini meliputi matematika, astronomi, Aljabar, Trigonometri, dan ilmu pengobatan. Pada zaman Dinasti Samayid dibagian timur Persian wilayah Khurasan dan Dinasti Buyid dibagian barat Iran dan Persian memberi suasana yang mendukung bagi perkembangan keilmuan dan budaya. Di zaman Dinasti Samaniyah, Bukhara dan Baghdad menjadi pusat budaya dan ilmu pengetahun dunia Islam.

Ilmu ilmu lain seperti studi tentang Al-Quran dan Hadist berkembang dengan perkembangan dengan suasana perkembangan ilmiah. Ilmu lainya seperti ilmu filsafat, Ilmu Fikih, Ilmu Kalam sangat berkembang dengan pesat. Pada masa itu Al-Razi dan Al-Farabi menyumbangkan ilmu pengetahuan dalam bidang ilmu pengobatan dan filsafat. Pada masa itu Ibnu Sina memiliki akses untuk belajar di perpustakaan besar di wilayah Balkh, Khwarezmia, Gorgan, Kota Ray, Kota Isfahan dan Hamedan. Selain fasilitas perpustakaan besar yang memiliki banyak koleksi buku, pada masa itu hidup pula beberapa ilmuwan muslim seperti Abu Raihan Al-Biruni seorang astronom terkenal, Aruzi Samarqandi, Abu Nashr Mansur seorang matematikawan terkenal dan sangat teliti, Abu al-Khayr Khammar seorang fisikawan dan ilmuwan terkenal lainya.

Selain kedokteran dan ilmuwan, beliau juga seorang politisi. Kiprah politik beliau terjadi di istana Mansur, raja dinasti Samani, kedudukannya juga sebagai menteri di pemerintahan Abu Tahir Syamsud Daulah Deilami.

Dalam filsafat, kehidupan Abu Ali Ibnu Sina mengalami dua periode yang penting. Periode pertama adalah periode ketika beliau mengikuti faham filsafat paripatetik. Pada periode ini, Ibnu Sina dikenal sebagai penerjemah pemikiran Aristoteles. Periode kedua adalah periode ketika Ibnu Sina menarik diri dari faham paripatetik dan seperti yang dikatakannya sendiri cenderung kepada pemikiran iluminasi.

Berkat telaah dan studi filsafat yang dilakukan para filosof sebelumnya semisal Al-Kindi dan Farabi, Ibnu Sina berhasil menyusun sistem filsafat islam yang terkoordinasi dengan rapi. Pekerjaan besar yang dilakukan Ibnu Sina adalah menjawab berbagai persoalan filsafat yang tak terjawab sebelumnya.

Pengaruh pemikiran filsafat Ibnu Sina seperti karya pemikiran dan telaahnya di bidang kedokteran tidak hanya tertuju pada dunia Islam tetapi juga merambah Eropa. Albertos Magnus, ilmuan asal Jerman dari aliran Dominique yang hidup antara tahun 1200-1280 Masehi adalah orang Eropa pertama yang menulis penjelasan lengkap tentang filsafat Aristoteles. Ia dikenal sebagai perintis utama pemikiran Aristoteles Kristen. Dia lah yang mengawinkan dunia Kristen dengan pemikiran Aristoteles. Dia mengenal pandangan dan pemikiran filosof besar Yunani itu dari buku-buku Ibnu Sina. Filsafat metafisika Ibnu Sina adalah ringkasan dari tema-tema filosofis yang kebenarannya diakui dua abad setelahnya oleh para pemikir Barat.

Dia adalah pengarang dari 450 buku pada beberapa pokok bahasan besar. Banyak di antaranya memusatkan pada filosofi dan kedokteran. Dia dianggap oleh banyak orang sebagai “bapak kedokteran modern.” George Sarton menyebut Ibnu Sina “ilmuwan paling terkenal dari Islam dan salah satu yang paling terkenal pada semua bidang, tempat, dan waktu”. Karyanya yang paling terkenal adalah The Book of Healing dan The Canon of Medicine, dikenal juga sebagai sebagai Qanun (judul lengkap: Al-Qanun fi At Tibb)

Referensi

Apa yang anda ketahui tentang Ibn Sina atau Avicenna ?

Ibn Sina adalah filsuf-ilmuwan Islam terkenal. Ibnu Sina, atau kerap dikenal dengan nama Avicenna, lahir di Bukhara saat itu adalah kota terkemuka di Persia. Masa mudanya dihabiskan di perusahaan. Ibn Sina adalah orang yang paling terpelajar pada masanya dan dia mampu mencapai semua ilmu dan seni. Ibnu Sina mengumpulkan lebih dari 100 buku seluruh ilmiah dan disebut sebagai “Pangeran Ilmu”. Dia menghabiskan tahun-tahun terakhir hidupnya di Hamadan, dimana dia menyusun ‘Al Qannun Fil Tib ', yang termasuk dalam buku-buku paling terkenal dalam sejarah kedokteran.

MASA


  • 980 : Avicenna (Ibn Sina) lahir di Persia.
  • 998 : Avicenna menyembuhkan samanid sultan Bukhara, Nuh ibn Mansur.
  • 999 : Perpustakaan sultan dihancurkan oleh api. Ibn Sina melarikan diri dari Bukhara dan melakukan perjalanan ke Gurganj di Khiva (Turkmenistan).
  • 1002 : Ibn Sina kehilangan ayahnya.
  • 1004 : Dinasti Samanid berakhir di sekitar Desember. Ibnu Sina tampaknya telah menolak tawaran Mahmud dari Ghazni dan melanjutkan ke barat (Urgench) di Turkmenistan modern, tempat wazir dianggap sebagai teman sarjana, memberinya upah bulanan kecil. Akan tetapi, bayarannya adalah kecil sehingga Avicenna berkeliaran dari satu tempat ke tempat lain melalui distrik Nishapur dan Merv ke perbatasan Khorasan, mencari celah untuk mengembangkan bakatnya.
  • 1020 : Avicenna dipenjara di sebuah benteng di Fardjan selama empat bulan.
  • 1022 : Avicenna meninggalkan Hamadan dan pergi ke Isfahan.
  • 1037 : Avicenna menjadi sakit karena sakit perut dan mati. Dia dimakamkan di Hamadan, Iran.

PENDIDIKAN


  • Pendidikan awal Ibn Sina adalah agama dan pada usia 10 tahun dia hafal seluruh isi Al-Qur’an dan lainnya yang tersedia dalam bahasa Persia dan Arab.
  • Ketika ibn Sina mencapai usia tiga belas dia mulai belajar kedokteran dan dia telah menguasai subjek itu oleh usia enam belas tahun ketika dia mulai merawat pasien.
  • Dia juga belajar logika dan metafisika, menerima instruksi dari beberapa guru terbaik pada zamannya tetapi di semua bidang ia melanjutkan studinya sendiri.

KARYA TERKENAL


  • The Book of Healing
  • The Canon of Medicine
  • Dalam otobiografinya, (WE Gohlman ed. And trans.), Kehidupan Ibnu Sina, (New York, 1974) ibn Sina menekankan bahwa ia lebih atau kurang otodidak tetapi pada saat-saat penting dalam hidupnya ia menerima Tolong.
  • Ketenaran dan pengakuan - ketika Sultan Bukhara, Nuh ibn Mansur al-Samai, jatuh sakit parah dengan penyakit berhasil diobati oleh Avicenna.

KONTRIBUSI


  • Ibnu Sina menulis sekitar 450 karya, dan sekitar 240 selamat. Dari karya-karya yang bertahan, 150 adalah filsafat, sementara 40 dikhususkan untuk kedokteran, keduanya merupakan bidang dimana ia berkontribusi paling banyak.
  • Karya Ibn Sina paling penting adalah “The Book of Healing” dan “The Canon of Medicine”.
  • Ensiklopedia ilmiah yang pertama adalah mencakup logika, ilmu alam, psikologi, geometri, astronomi, aritmatika, dan musik.
  • Buku tunggal yang kedua paling terkenal di Jepang sejarah kedokteran.
  • Pekerjaan ini dimulai ketika dia berada di Hamadan. Dia juga menulis tentang psikologi, geologi, matematika, astronomi, dan logika

OBAT DAN FARMAKOLOGI


  • Penemuan penyakit menular dan seksual penyakit menular.
  • Karantina untuk membatasi penyebaran penyakit menular
  • Rumah sakit Bimaristan dibuat dengan bangsal terpisah untuk penyakit tertentu
  • Penjelasan denyutan pertama yang benar diberikan oleh Avicenna, setelah dia memperbaiki teori Galen tentang nadi.
  • Dia mengenali ‘psikologi fisiologis’ di Internet pengobatan penyakit ini yang melibatkan emosi.
  • Mengembangkan sistem untuk menghubungkan denyut nadi dengan perasaan batin.
  • Ibnu sina mencatat bahwa, hubungan dekat antara emosi dan kondisi fisik - untuk menjaga kesehatan