Apa yang anda ketahui tentang hutan rawa air tawar?

Hutan Rawa

Hutan Rawa adalah hutan yang tumbuh dan berkembang pada kawasan atau wilayah yang selalu tergenang air tawar.

Hutan rawa air tawar atau freshwater swamp-forest merupakan kawasan hutan yang dibedakan berdasarkan keadaan dari tanahnya. Hutan rawa air tawar ini memiliki permukaan tanah yang kaya akan mineral. Biasanya ditumbuhi hutan lebat.

Ciri dari hutan rawa air tawar adalah hutan yang terdapat pada daerah dengan kondisi tanah yang selalu tergenang oleh air tawar dan tidak terpengaruh oleh iklim. Biasanya ditumbuhi oleh vegetasi yang termasuk kategori vegetasi yang selalu hijau, diantaranya adalah brupa pohon pohon dengan tinggi mencapai 40 meter dan meempunyai beberapa lapisan tajuk.

Spesies pohon yang banyak terdapat dalam hutan rawa air tawar antara lain Eucalyptus degulpta, Palaquium leiocarpum, Shorea uliginosa, Campnosaperma macrophylla, Gareinia spp., Eugenia spp., Canarium spp., Koompassia spp., Calophyllum spp., Xylopia spp.

Pada umumnya spesies tersebut cendrung berkelompok dan membentuk komunitas miskin spesies atau penyebaran spesies yang tidak merata. Oleh karena hutan rawa ini mempunyai beberapa lapisan atau stratum maka bentuknya hampir menyerupai hutan hujan tropis.

Hal yang paling membedakan antara kedua hutan ini adalah adanya genangan air tawar dan pengaruhnya terhadap iklim lingkungan sekitar. Adapun karateristik hutan rawa air tawar biasanya hutan yang tumbuh pada daerah yang selalu digenangin air tawar, tidak di pengaruhi iklim, pada umunya terletak di belakang hutan payau dengan jenis tanah aluvial dan aerasinya yang kurang baik, ditumbuhi oleh banyak pohon berakar lutut yang tunasnya terendam air, tanah yang berlumpur, airnya yang asam atau memiliki PH kurang dari 6 serta didasar rawa terdapat banyak gambut.

Di Indonesia sendiri, hutan rawa air tawar tersebar di Sumatera bagian Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Maluku dan Irian Jaya bagian Selatan.