Apa yang anda ketahui tentang Hukum Waktu Total atau Law Total Time?

Hukum Waktu Total

Hukum Waktu Total (Psikolog Amerika B. Richard Bugelski (1913-1995)) adalah gagasan bahwa jumlah pembelajaran yang akan terjadi dalam selang waktu tertentu relatif konstan, tidak peduli bagaimana waktu itu dihabiskan untuk melatih materi yang akan dipelajari

Studi Bugelski mendukung hukum Waktu Total di mana ia menemukan bahwa total waktu yang diperlukan untuk mempelajari daftar suku kata yang tidak masuk akal (disajikan berpasangan sebagai “rekan berpasangan” di mana peserta diminta untuk mengantisipasi dan mengucapkan dengan lantang suku kata kedua dari setiap pasangan saat ditunjukkan suku kata pertama) tidak terpengaruh oleh tingkat di mana item disajikan dalam waktu total itu.

Hukum Waktu Total memiliki nilai potensial bagi pendidik dan guru karena menyatakan bahwa pola reherseal yang digunakan seseorang ketika mempelajari suatu materi adalah relatif tidak penting. Aspek penting dalam pembelajaran adalah individu terus bekerja. Oleh karena itu, dibutuhkan waktu tertentu untuk mempelajari sesuatu, terlepas dari waktu yang dibutuhkan untuk meakukan latihan.

Lihat juga : LEARNING THEORIES

Sumber : J.E. Roeckelein, 2006, Elseviers’s Dictionary of Psychological Theories, Elsevier B.V.

Referensi :

  • Bugelski, B. R. (1962). Presentation time, total time, and mediation in paired- associate learning. Journal of Ex- perimental Psychology , 63 , 409-412.
  • Cooper, E., & Pantle, A. (1967). The total- time hypothesis in verbal learning. Psychological Bulletin , 68 , 221-234.
  • Bugelski, B. R. (1970). Presentation time and the total-time hypothesis: A meth- odological amendment. Journal of Experimental Psychology , 84 , 529-530.
  • Baddeley, A. (1976). The psychology of memory . New York: Basic Books.
  • Bugelski, B. R. (1979). The principles of learning and memory . New York: Praeger.
  • deJong, R., Liang, C.-C., & Lauber, E. (1994). Conditional and unconditional automaticity: A dual-process model of effects of spatial stimulus-response correspondence. Journal of Experimental Psychology: Human Perception and Performance , 20 , 731-750.