© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang Anda Ketahui tentang hewan Hybrid?

Liger

Perkawinan silang pada hewan di alam liar sangatlah jarang terjadi, namun terdapat beberapa perkawinan silang yang terjadi antar spesies yang kekerabatannya cukup dekat. Seperti perkawinan antar singa jantan dengan harimau betina yang menghasilakan anakan hibrida yang diberi nama Liger. Nama Liger merupakan singkatan dari nama indukannya yaitu Lion dan Tiger.

Hewan Hybrid

Dalam setiap eksperimen Hybrid yang dilakukan dengan cara mengawinkan species baru /jenis hewan yang berbeda tapi masih dalam satu genetik kerapkali menemui kegagalan meskipun bila diurutkan dalam silsilah evolusi antara hewan yang berbeda ini sama- sama berasal dari satu nenek moyang.

Berikut ini adalah contoh keberhasilan manusia dalam eksperimen mereka dimulai dari Liger yang merupakan persilangan hibrida antara singa jantan dengan harimau betina sampai Mangalitsa, Si Babi Berbulu Domba. Meski menuai keberhasilan, hewan-hewan rekayasa ‘ciptaan’ manusia ini banyak memiliki masalah akan anatomi tubuh yang tak normal sampai masalah kesehatan. Berikut Hewan Perkawinan Silang Hybrid :

  • Liger
    image
    Liger merupakan hasil dari perkawinan silang yang dilakukan antara singa jantan dan harimau betina. Induk dan Pejantan Liger berasal dari spesies berbeda tetapi mereka masih 1 gen yaitu Panthera. Liger memang kucing besar yang menggemaskan. Dia suka berenang seperti ibunya, namun jiwa kepemimpinan dan sosialnya tinggi seperti ayahnya singa. Sungguh perpaduan unik genetik yang menakjubkan.

    Pada saat ini, Ligers hanya dapat ditemukan di dalam penangkaran, walaupun dalam sejarah pernah ada cerita Ligers ditemukan di habitat alam liar. Itu semua karena Ligers telah lama dianggap di “steril” kan, tapi teori spekulasi ini terbantahkan pada tahun 1953, saat berusia 15 tahun Betina Liger berhasil dikawinkan dengan singa jantan hingga melahirkan banyak keturunan.

  • Leopon (Macan Tutul Dan Singa)
    leopon
    Leopons, keturunan macan tutul jantan dan singa betina, telah dibesarkan di India, Jepang, Jerman dan Italia. Serupa dengan kedua hewan, leopons memiliki bintik-bintik coklat dan ekor berumbai, dengan surai lebih kecil dari singa, dan menjadi pendaki yang sangat baik seperti macan tutul. Terkenal karena program leopon paling penting di dunia, Koshien Hanshin Park di Nishinomiya City, Jepang, dibesarkan dua leopons pada tahun 1959 dan tiga lagi pada tahun 1962.

  • Tigon, Harimau Jantan Dengan Singa Betina


    Tigon adalah hasil dari hybrid aneh antara Harimau jantan dan singa betina. Tigon hampir sama dengan liger, namun yang membedakannya hanyalah liger merupakan hasil perkawinan silang antara singa jantan dan harimau betina. Tigon termasuk dalam Kingdom Animalia (Hewan), Phylum Chordata, Classis Mamalia (Beranak), Ordo Carnivora (Pemakan daging), Familia Felidae, Genus Panthera (Panther). nama spesies nya adalah gabungan nama spesies Harimau dan Singa, Panthera Tigris x Panthera Leo.

  • Wholphin
    wholepin
    Wholphin adalah salah satu kekayaan yang dipunya alam bawah laut. Dia adalah hasil perkawinan silang antara lumba-lumba kepala botol Atlantik dengan ikan paus pembunuh palsu. Wholpin kini hidup di Sea Life Park, Hawai. Ukuran Wholpin kurang lebih sama seperti spesies orang tua mereka, meski demikian jumlah gigi yang mereka miliki tidak sama. Jika lumba-lumba kepala botol memiliki 88 gigi, ikan paus memiliki 44 gigi, sementara Wholphin memiliki 66 gigi.

2 Likes