Apa yang anda ketahui tentang Gunung Bromo ?

gunung

(ShinonSam) #1

Gunung bromo

Gunung Bromo adalah salah satu gunung berapi aktif yang ada di Indonesia, tepatnya di Jawa Timur dan meliputi 4 kabupaten yaitu Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Keindahan Gunung Bromo sudah sangat terkenal hingga ke mancanegara.

Apa yang anda ketahui tentang Gunung Bromo ?


(macoy) #2

image

Gunung Bromo dahulu kala adalah sebuah sebuah gunung terbesar di pulau jawa, gunung ini meletus untuk pertamakalinya dan membuat kawah kaldera besar dan muncullah di tengah2 letusan itu kubah baru dan sekarang yang kita sebut Gunung Bromo, ada 3 kubah yang terbentuk dari hasil letusan itu yaitu, gunung Bromo, Gunung Batok, Dan Gunung Widodaren, sehingga memebentuk gunung yang unik dan indah, hanya satu gunung yang mewarisi keaktivan gunung terbesar itu yatiu Gunung Bromo, dengan susunan Gunung – gunung yang dikelilingi lautan pasir yang luasnya sekitar 500 hektar menambah indahnya pesona alam bromo,

Selama abad XX, gunung bromo meletus sebanyak 3 kali, dengan interval waktu yang teratur, yaitu 30 tahun. Letusan terbesar gunung bromo terjadi pada tahun 1974, menyusul tahun 2010 gunung bromo kembali meletus. Bagi suku Tengger (penduduk bromo) dipercaya sebagai gunung suci. Setahun sekali masyarakat Tengger mengadakan Tradisi pacara Yadnya Kasada atau Kasodo. Upacara ini bertempat di sebuah pura yang berada di bawah kaki Gunung Bromo utara dan dilanjutkan ke puncak gunung Bromo. Upacara diadakan pada tengah malam hingga dini hari setiap bulan purnama sekitar tanggal 14 atau 15 di bulan Kasodo (kesepuluh) menurut penanggalan Jawa.

image

Gunung Bromo (dari bahasa Sanskerta: Brahma, salah seorang Dewa Utama dalam agama Hindu) atau dalam bahasa Tengger dieja “Brama”, adalah sebuah gunung berapi aktif di Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut dan termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi.

Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.

Beberapa keindahan alam yang dapat dinikmati di area gunung Bromo antara lain :

  1. Segara Wedhi, yakni hamparan Lautan pasir di bawah Gunung Bromo

  2. Gunung Batok, yakni sebuah bukit yang terletak di selatan Gunung Bromo, berbentuk seperti tempurung yang ditengkurapkan.

  3. Gundukan tanah yang tersebar di daerah Tengger, yaitu: Gunung Pundak-lembu, Gunung Ringgit, Gunung Lingga. Gunung Gendera, dan lain-lain.

image
Gambar Lautan Pasir di Gunung Bromo


Gambar Beberapa gunung di sekitar Gunung Bromo

image
Gambar Bukit teletubies di Gunung Bromo