Apa yang anda ketahui tentang Gorila Dataran Rendah Timur?

Gorila-Dataran-Rendah-Timur

Gorila dataran rendah timur atau gorila Grauer (Gorilla beringei graueri) adalah sebuah subspesies dari endemik gorila timur di hutan pegunungan timur Republik Demokratik Kongo. Populasi menonjol dari gorila tersebut terdapat di Taman Nasional Kahuzi-Biéga dan Taman Nasional Maiko dan hutan-tahun sekitarnya, Suaka Margasatwa Gorila Tayna, hutan Usala dan Pegunungan Itombwe.

Gorila dataran rendah timur atau yang dikenal dengan nama Gorila Grauer adalah jenis gorila terbesar di dunia. Bahkan, jenis inilah yang paling besar dibanding jenis gorila lainnya. Tubuhnya besar dan bulunya hitam pekat seperti gorila gunung. Selain itu, penampakan Gorila Grauer ini memiliki tubuh yang kekar, tangan yang besar, dan moncong yang pendek.

Sangat disayangkan bahwa perkiraan jumlah gorila dataran rendah timur ini hanya tersisa 3.800 ekor saja. Kerusuhan sipil di Republik Demokratik Kongo menjadikan Gorila Grauer dan Gorila Gunung sebagai korbannya. Hutan hujan tropis yang menjadi habitat alami gorila jenis ini rusak akibat kerusuhan dan penggunaan tempat tinggal bagi manusia.

Selama kerusuhan, Gorila Grauer juga sangat rentan terhadap risiko perburuan. Bahkan, Taman Nasional Kahuzi-Biega yang merupakan rumah bagi sejumlah besar populasi gorila dataran rendah timur juga tidak luput dari perburuan liar tersebut. Namun, dengan bantuan WWF dan organisasi lain, taman nasional yang merupakan tempat tinggal bagi gorila dataran rendah timur ini menjadi lebih aman.