Apa yang Anda ketahui tentang gizi geriatri?

Apa yang Anda ketahui tentang gizi geriatri ?

Nutrisi geriatri menerapkan prinsip-prinsip nutrisi untuk menunda efek penuaan dan penyakit, untuk membantu dalam manajemen perubahan fisik, psikologis, dan psikososial yang umumnya dikaitkan dengan bertambahnya usia. Apa yang Anda ketahui tentang gizi geriatri ?

1 Like

Seperti golongan umur lainnya, lansia membutuhkan zat-zat gizi yang terkandung dalam makanan. Zat-zat gizi ini dibutuhkan untuk proses metabolisme. Pemenuhan zat gizi bagi lansia dapat memudahkan proses adaptasi diri dengan perubahan yang dialami. Selain itu, pemenuhan kebutuhan gizi juga dapat membantu proses regenerasi sel-sel tubuh sehingga dapat memperpanjang usia. Kebutuhan energi lansia mengalami penurunan karena berkurangnya energi basal. Energi basal adalah energi yang diperlukan tubuh untuk melakukan kegiatan dasar dalam keadaan istirahat, seperti aktivitas jantung, pernapasan, dan ginjal.

Konsep gizi geriatri sama dengan konsep gizi golongan umur lainnya. Dalam mata kuliah ilmu gizi dasar telah dijelaskan mengenai tiga kelompok besar zat gizi bagi tubuh. Dalam ilmu kesehatan geriatri atau lanjut usia merupakan bagian dari ilmu kedokteran yang mempelajari tentang beberapa aspek kesehatan pada lanjut usia seperti aspek promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitasi serta psikososial. Istilah “Geriatris” berasal dari kata “geros” (usia lanjut) dan “iatreia” (merawat). Sehingga gizi geriatri merupakan ilmu yang berfokus pada perawatan nutrisi pada mereka yang masuk usia lanjut.

Referensi

Sarbini, Dwi et al. 2019. Gizi Geriatri. Surakarta : UMS Press.