Apa yang anda ketahui tentang galaksi Andromeda atau Messier Object 31?

Galaksi Andromeda juga dikenal sebagai sebutan Messier Object 31, atau M31. Galaksi ini memiliki lebih dari dua kali ukuran galaksi Bima Sakti. Namun demikian, Galaksi Andromeda bukanlah merupakan galaksi terbesar yang kita ketahui. Apa yang anda ketahui tentang galaksi Andromeda atau Messier Object 31 ?

Galaksi Andromeda merupakan galaksi terdekat dari galaksi kita. Galaksi Andromeda ialah objek luar angkasa terjauh yang dapat diamati dengan mata telanjang pada malam hari yang cerah dilokasi yang amat gelap. Galaksi Andromeda berbentuk spiral, dengan satu fakta yang harus kita waspadai. Sebab galaksi ini sedang menuju ke galaksi Bima sakti dalam waktu beberapa miliar tahun lagi.

Jarak galaksi Andromeda dengan Bumi hanyalah 2,5 juta tahun cahaya. Hal ini menjadikan galaksi Andromeda target yang cocok untuk observasi dan eksplorasi galaksi spiral lain. Beberapa tahun belakangan ilmuwan telah mempelajari tentang black hole, bintang dan objek luar angkasa lain termasuk galaksi.

Bercak kabur bintang yang terlihat membentang sepanjang lebar bulan purnama, dan setengah lebarnya; hanya dengan perbesaran yang signifikan Anda dapat mengatakannya membentang enam kali lebih panjang dari kepenuhan.

Galaksi spiral seperti Bima Sakti, Andromeda berisi tonjolan materi terkonsentrasi di tengah, dikelilingi oleh piringan gas, debu, dan bintang-bintang dan lingkaran cahaya yang sangat besar. Meskipun Andromeda mengandung sekitar satu triliun bintang hingga 250 miliar bintang di Bima Sakti, galaksi kita sebenarnya lebih masif, karena diduga mengandung lebih banyak materi gelap.

Galaksi Andromeda dan galaksi Bima Sakti diperkirakan akan bertabrakan sehingga mengubah struktur dua galaksi tersebut selamanya. Galaksi-galaksi itu saling bergerak mendekat satu sama lain dengan kecepatan sekitar 70 mil per detik atau 112 kilometer per detik. Para ahli astronomi memperkirakan bahwa galaksi Andromeda akan bertabrakan dengan Bima Sakti dalam 4 miliar tahun lagi dan berakhir 6 miliar tahun dari sekarang. Pada saat itu, Matahari akan mengembang menjadi raksasa merah dan menelan planet-planet terestrial. Penggabungan dua galaksi ini akan membentuk galaksi “Milkomeda”.