Apa yang Anda ketahui tentang fotografi konseptual?


Definisi konseptual adalah abstraksi, yang diungkapkan dalam kata-kata, yang dapat membantu pemahaman. Definisi operasional terdiri dari sekumpulan instruksi mengenai cara mengukur variabel yang telah didefinisikan secara konseptual . Dalam hal ini konseptual dapat diaplikasikan dalam dunia fotografi.
Apa yang Anda ketahui tentang fotografi konseptual ?

2 Likes

Fotografi konseptual (Conceptual photography) adalah jenis fotografi yang menggambarkan suatu ide. Ada foto ilustratif yang dibuat sejak penemuan media, misalnya dalam foto yang dipentaskan paling awal, Hippolyte Bayard’s Self Portrait as a Drowned Man (1840). Akan tetapi, istilah fotografi konseptual berasal dari gerakan seni konseptual (Conceptual art) di akhir tahun 1960-an. Hari ini, istilah tersebut digunakan untuk menggambarkan metodologi atau gaya.


Gambar. Hippolyte Bayard’s Self Portrait as a Drowned Man (1840)

Fotografi konseptual sebagai metodologi

Sebagai metodologi, fotografi konseptual adalah jenis fotografi yang dipentaskan untuk mewakili suatu gagasan. ‘Konsep’ keduanya terbentuk sebelumnya dan jika berhasil, dapat dipahami dalam gambar yang lengkap. Hal ini paling sering terlihat dalam iklan dan ilustrasi dimana gambar dapat mengulangi judul atau slogan yang menyertainya. Iklan dan ilustrasi fotografi umumnya berasal dari fotografi stok (Stock photography) yang sering diproduksi sebagai tanggapan terhadap tren terkini dalam penggunaan gambar sebagaimana ditentukan oleh penelitian agensi gambar seperti Getty Images atau Corbis. Foto-foto ini karenanya diproduksi untuk memvisualisasikan konsep yang telah ditentukan. Munculnya perangkat lunak pengedit gambar seperti Adobe Photoshop telah memungkinkan manipulasi gambar yang lebih besar untuk menggabungkan elemen yang sebelumnya hanya mungkin untuk menggabungkan dalam ilustrasi grafis.

Fotografi konseptual sebagai sebuah genre/gaya

Istilah ‘fotografi konseptual’ yang digunakan untuk menggambarkan suatu genre dapat merujuk pada penggunaan fotografi dalam seni konseptual atau dalam fotografi seni kontemporer. Dalam kedua kasus, istilah ini tidak banyak digunakan atau diterapkan secara konsisten.

Fotografi konseptual dan seni konseptual

Seni konseptual pada akhir tahun 1960-an dan awal tahun 1970-an sering melibatkan fotografi untuk mendokumentasikan pertunjukan, patung atau aksi sesaat. Para seniman tidak menggambarkan diri mereka sebagai fotografer, misalnya Edward Ruscha berkata, "Fotografi hanyalah tempat bermain bagi saya. Saya sama sekali bukan fotografer”. Seniman ini kadang-kadang disebut sebagai fotografer konseptual tetapi mereka yang menggunakan fotografi secara luas, seperti John Hilliard, John Baldessari, dan Pedram Mousavi lebih sering digambarkan sebagai photoconceptualists atau “seniman yang menggunakan fotografi”.

Fotografi konseptual dan fotografi seni rupa

Sejak tahun 1970-an seniman menggunakan fotografi seperti Cindy Sherman dan terakhir Thomas Ruff dan Thomas Demand telah digambarkan sebagai konseptual. Meskipun karya mereka umumnya tidak menyerupai estetika lo-fi dari seni konseptual tahun 1960-an, mereka dapat menggunakan metode tertentu yang sama seperti mendokumentasikan kinerja (Sherman), tipologi atau gambar serial (Ruff) atau mengembalikan peristiwa (Demand). Kenyataannya, hutang kepada pendekatan ini dan pendekatan lain dari Seni Konseptual begitu tersebar luas dalam fotografi seni rupa kontemporer sehingga hampir semua karya dapat digambarkan sebagai konseptual. Istilah ini mungkin telah digunakan secara khusus dalam arti negatif untuk membedakan beberapa fotografi seni kontemporer dari fotografi dokumenter atau Photojournalism. Perbedaan ini telah dibuat dalam liputan Hadiah Fotografi Deutsche Börse. Fotografi konseptual sering digunakan secara bergantian dengan Fotografi Seni Rupa, dan ada beberapa perselisihan tentang apakah ada perbedaan di antara keduanya. Namun, pemikiran utama adalah bahwa fotografi konseptual adalah jenis fotografi seni rupa. Fotografi seni rupa sudah termasuk fotografi konseptual. Sementara semua fotografi konseptual adalah seni rupa, tidak semua seni rupa adalah konseptual.

Referensi
  1. A.D. Coleman (10 September 1972), “I’m Not Really A Photographer”, The New York Times.
  2. Melanie Marino, Disposable Matter: Photoconceptual Magazine Work of the 1960s, in The Last Picture Show - Artists using photography 1960–1982, Douglas Fogle, 2003
  3. Sean O’Hagan, (16 November 2009), Why conceptual photography is having a prized moment The Guardian
  4. Cole, Leanne. “Your Guide to Creating Unique Conceptual Photography”.