Apa yang Anda ketahui tentang fitur Quick Look pada Apple?


Quick Look adalah fitur pratinjau cepat yang dikembangkan oleh Apple Inc. yang diperkenalkan dalam sistem operasinya Mac OS X 10.5 Leopard. Fitur ini diumumkan di Worldwide Developers Conference pada 11 Juni 2007.
Apa yang Anda ketahui tentang fitur Quick Look pada Apple?

Quick Look memungkinkan aplikasi seperti Finder dan Mail untuk menampilkan gambar kecil dan pratinjau Keynote, Angka, Halaman, dan dokumen PDF ukuran penuh, serta gambar dan jenis file lainnya. Pratinjau ini dapat sangat membantu ketika pengguna mencoba menemukan dokumen tertentu. Terapkan penampil Tampilan Cepat di aplikasi Anda jika masuk akal. Jika aplikasi Anda memungkinkan orang melampirkan atau berinteraksi dengan file — terutama file yang tidak didukung oleh aplikasi Anda — pertimbangkan untuk menerapkan penampil Tampilan Cepat sehingga orang dapat melihat pratinjau file tersebut tanpa meninggalkan aplikasi Anda.

Pertimbangkan untuk mengimplementasikan generator Tampilan Cepat jika aplikasi Anda menghasilkan jenis file khusus. Generator Quick Look memungkinkan aplikasi lain, termasuk Finder dan Spotlight, untuk menampilkan pratinjau dokumen Anda, sehingga memudahkan orang untuk menemukan konten Anda.
Diperkenalkan di Mac OS X 10.5 Leopard, Quick Look menampilkan pratinjau file tepat di dalam Finder untuk berbagai jenis file umum, termasuk tetapi tidak terbatas pada foto dan gambar lain, teks biasa dan file teks kaya, PDF, dokumen Microsoft Office, halaman Web , dan dokumen dalam format Halaman, Keynote, dan Angka Apple.

Sementara fitur Tampilan Cepat sangat mudah dan tidak selalu menjadi perhatian bagi sebagian besar pengguna Mac, pengguna yang sangat sadar privasi mungkin kecewa mengetahui bahwa Tampilan Cepat tidak menghargai keinginan tersirat pengguna untuk privasi, sebagaimana dirinci dalam artikel teknis oleh Wojciech Reguła dan Patrick Wardle.

Masalah utama adalah bahwa drive eksternal dan drive yang tidak lagi dipasang — termasuk disk yang sepenuhnya terenkripsi — di-cache ke hard drive internal Mac.

Jika Anda meluangkan waktu untuk mengenkripsi sepenuhnya hard drive eksternal, atau jika Anda kesulitan membuat image disk terenkripsi untuk menjaga file sensitif tetap pribadi, Anda telah membuat pilihan yang jelas dan tidak salah untuk menjaga file yang terkandung dalam volume itu dan jauhkan dari mencongkel mata.

Sayangnya, sejauh ini Apple belum memilih untuk menghormati keinginan tersirat Anda untuk privasi ketika datang ke caching Tampilan Cepat.

Setiap kali Anda memiliki drive atau disk image yang terpasang pada Mac Anda, bahkan jika disk itu dienkripsi atau dilindungi kata sandi, macOS akan memperlakukannya seperti disk lain dan mungkin men-cache preview Quick Look dari file sensitif Anda.ni berarti bahwa siapa pun yang belakangan mendapatkan akses ke konten drive internal Mac Anda — bahkan ketika drive eksternal itu tidak lagi terhubung — mungkin dapat melihat pratinjau semua file pribadi Anda.

Terus? Tidak FileVault Melindungi Saya?
Anda mungkin bertanya-tanya mengapa ini penting mengingat bahwa setiap versi macOS sejak Yosemite telah menawarkan untuk mengenkripsi hard drive internal Mac secara default ketika Anda melakukan instalasi yang bersih. Bukankah itu berarti bahwa pratinjau Tampilan Cepat harus aman?

Penting untuk diketahui bahwa hard drive internal Anda mungkin belum dienkripsi; ada sejumlah skenario di mana drive Mac Anda mungkin tidak pernah mengaktifkan enkripsi seluruh disk.

Cara termudah untuk mengetahui apakah drive internal Mac Anda dienkripsi adalah dengan membuka Disk Utility (Anda dapat menemukannya dengan melihat di folder Utilities di dalam folder Applications, atau dengan melakukan pencarian Spotlight dengan nama). Saat Anda membuka Disk Utility, volume boot internal Mac Anda sudah akan dipilih. Jika disk dienkripsi, Anda akan melihat “APFS (Dienkripsi)” atau “Mac OS Diperpanjang (Diedit, Dienkripsi)” ditampilkan di bawah nama drive Anda.Tetapi bahkan jika drive internal Anda dienkripsi, Anda tidak boleh berasumsi bahwa cache Quick Look Anda atau file lainnya akan selalu tetap pribadi.

Jika Anda pernah membiarkan Mac Anda tidak terkunci dan tidak dijaga untuk sementara waktu, seseorang dapat berjalan ke komputer Anda dan mendapatkan akses penuh ke dokumen Anda.

Atau jika Mac Anda terinfeksi RAT, penyerang mungkin dapat mengakses file Anda dari jarak jauh, terlepas dari apakah drive Anda dienkripsi.

Enkripsi disk penuh hanya mencegah akses ke konten drive saat tidak dipasang. Saat drive dipasang, itu hanya dapat diakses oleh mata-mata sebagai drive yang tidak dienkripsi.

Ringkasan

https://www.intego.com/mac-security-blog/apples-quick-look-reveals-your-darkest-secrets/