Apa yang anda ketahui tentang Entrepreneurial Leadership?

Apa yang Anda ketahui tentang Entrepreneurial Leadership?

Menurut Winardi (2008) Entrepreneurial Leadership adalah entrepreneur yang inovatif bereksperimentasi secara agresif , dan mereka terampil mempraktekan transformasi – transformasi kemungkinan yang atraktif.

Entrepreneurial leadership menurut Corbin (2007) adalah gaya kepemimpinan yang mampu mendelegasikan , mampu membangun karyawan-karyawan berperilaku bertanggung jawab, mampu membuat dan menetapkan keputusan, dan bekerja secara independen.

Dari pengertian ini terlihat bahwa kepemimpinan terdapat pada orang – orang yang memiliki pengaruh positif kepada orang lain yang bekerja sama dengannya dan turut terlibat penuh dalam pekerjaan yang telah ia tetapkan dan keputusan yang dia ambil.

Kepemimpinan entrepreneur, baik individu maupun organisasi dapat menciptakan kebudayaan entrepreneur dengan mengembangkan pelatihan budaya kewirausahaan dan penggabungan proses- proses entrepreneur , serta inisiatif – inisiatif baru yang brilliant.

Entrepreneurial leadership merupakan sebuah gaya kepemimpinan yang lebih fleksibel sehingga menjadi lebih inovatif dan mampu membuat suatu perubahan dalam suatu organisasi.

Elemen dalam Entrepreneurial leadership

Menurut J. Winardi (2008), terdapat sejumlah elemen dari profil entrepreneurial, yaitu :

  1. Tanggung Jawab
    Para entrepreneuri memiliki tanggung jawab mendalam terhadap hasil usaha yang dibentuk mereka.Mereka sangat berkeinginan untuk mampu mengendalikan sumber-sumber daya mereka sendiri, dan memanfaatkannya untuk mencapai tujuan –tujuan yang ditetapkan mereka.

  2. Preferensi untuk menghadapi risiko yang moderat
    Entrepreneur merupakan pihak yang berani mengambil resiko , namun resiko yang telah diperhitungkan secara matang. Orang lain mungkin beranggapan bahwa tujuan mereka terlalu tinggi, namun entrepreneur yakin bahwa tujuan-tujuan yang ingin dicapai mereka bersifat realistik.

  3. Keyakinan dalam kemampuan mereka untuk meraih keberhasilan
    Sikap ini adalah sikap yang optimistik, sehubungan dengan kemungkinan-kemungkinan mereka mencapai kesuksesan.

  4. Keinginan untuk mencapai umpan balik
    Para entrepreneur menikmati tantangan-tantangan sehubungan dengan upaya mengelola suatu bisnis, dan mereka ingin mengetahui bagaimana hasil yang dicapai mereka, dan secara konstan mencari informasi ( umpan balik ).

  5. Energi tingkat tinggi
    Entrepreneur bekerja lebih lama dan dengan energi yang tinggi, mereka juga bekerja keras.

  6. Orientasi kedepan
    Para entrepreneur memiliki naluri yang kuat untuk mencari serta menemukan peluang-peluang. Mereka melihat kedepan, dan mereka melihat potensi-potensi dimana orang lain belum memperhatikan.

  7. Toleransi terhadap ambiguitas
    Para entrepreneur pada tingkat tertentu harus mengambil keputusan, dalam kondisi baik mendapat informasi yang jelas ataupun tidak jelas. Entrepreneur juga menghadapi risiko dalam kaitan dengan usaha mencari nafkah. Keputusan entrepreneur mempengaruhi segala pihak yang bekerja dengannya , sehingga dalam waktu singkat, keputusan harus di ambil oleh seorang pimpinan perusahaan.

Dimensi dan Indikator Entrepreneurial Leadership

Dalam bukunya ( J.Winardi , 2008) menyebutkan bahwa terdapat 5 dimensi di dalam perusahaan yang dijalankan dengan entrepreneurial leadership, yaitu :

  1. Orientasi strategi yang di dorong persepsi peluang
    Seorang entrepreneur tergantung kepada persepsinya tentang peluang yang ada. Entrepreneur menggunakan sistem-sistem perencanaan dan pengukuran kinerja guna mengendalikan sumber-sumber daya yang ada.

  2. Komitmen tehadap peluang-peluang
    Entrepreneur dengan jelas bersedia menerima resiko dari keputusan dan peluang-peluang yang diambilnya. Dan entrepreneur dengan teliti dan dalam jangka waktu singkat mampu melihat suatu peluang dan memanfaatkannya.

  3. Komitmen sumber-sumber daya
    Seorang entrepreneur terbiasa dengan kondisi dimana ia menyalurkan sumber-sumber daya dan memantaunya secara periodik.

  4. Pengendalian sumber-sumber daya
    Entrepreneur menyediakan sumber-sumber daya bagi perusahaan, juga ikut mengendalikan. Mereka disiplin dalam aturan mengendalikan sumber-sumber daya yang dimiliki perusahaan, sehingga kurang fleksibel, namun bukan pula memaksa. Terhadap pihak-pihak yang bekerja dengannya dalam perusahaan, seorang entrepreneur yang memimpin secara entrepreneurial akan senantiasa memberikan ide-ide kepada mereka. Ikut membantu mereka saat mengalami kesulitan dalam mencari suatu metode atau cara terbaik yang dapat ditempuh dalam perusahaan.

  5. Visi yang realistik
    Entrepreneur memang bersedia mengambil resiko yang telah diperhitungkan, hal ini dikarenakan mereka memiliki visi yang realistik yang sudah mereka rencanakan akan metode dalam pencapaiam tujuannya. Visi tersebut pun direalisasikan dengan mendukung penuh orang –orang dalam perusahaannya.