Apa yang anda ketahui tentang Elang Emas?

Elang emas merupakan teman berburu suku Kyrgyz. Elang ini mempunyai tubuh yang besar dan memiliki panjang sayap sekitar 2 meter dan dapat terbang dengan sangat cepat. Elang emas merupakan burung paling mematikan di daerah Arktik karena biasa berburu kelinci, kambing, rubah, dan bahkan serigala.

Elang emas (Aquila chrysaetos) adalah salah satu burung elang yang berada di Belahan Utara. Seperti semua elang, elang ini masuk kedalam famili Accipitridae. Elang ini menyebar di Amerika Utara, Eropa dan Asia. Burung ini memiliki panjang tubuh lebih dari 1 meter. Pada kebudayaan populer, burung ini menjadi lambang nasional Mesir, Meksiko dan banyak negara lainnya.

Ukuran tubuh elang emas ini berkisar antara 66 sampai 102 cm dari ujung paruh sampai ujung ekor dan rentang sayap berkisar antara 180 sampai 234 cm[1] dengan berat tubuh sekitar 2,8 sampai 4,5 kg untuk jantan dan pada umumnya jenis burung pemangsa berat tubuh elang emas betina sekitar 3,7 sampai 6,6 kg. Elang emas memiliki corak bulu berwarna coklat gelap dan bercorak emas pada bagian kepala hingga leher. Warna emas pada kepala inilah yang menjadikan raptor ini disebut Elang. Pada masa remaja atau Juvenille warna bulu cenderung sama dengan Elang emas dewasa, tetapi warnanya lebih gelap. Pada bagian ekor elang remaja, terdapat warna putih sekitar sepertiga dari pangkal ekor. Kadang-kadang pada elang remaja, terdapat juga warna putih di luar dan dalam pada bulu sayap sekunder yang membentuk corak seperti bulan sabit. Elang emas memiliki paruh yang tebal dan besar yang berwarna hitam dengan warna kuning pada bagian hidung. Pada bagian kaki diselimuti bulu dari paha hingga pergelangan kaki. Elang emas mempunyai kaki yang besar dengan dilengkapi cakar yang panjang, tebal, dan kuat. Jari kaki berwarna kuning yang ukuran jarinya bisa seukuran jempol orang dewasa. Kaki yang besar dan cakar yang tajam menjadi andalan raptor ini untuk memangsa hewan yang ukrannya lebih besar dari tubuhnya.

Elang emas cukup mudah beradaptasi di habitat yang baru tetapi sering berada di daerah dengan beberapa karakteristik ekologi yang sama. Golden Eagles ditemukan di Eropa, Asia, Afrika Utara dan Amerika Utara. Di Eropa, Elang Emas sebagian besar hidup di daerah pegunungan terpencil juga di dataran rendah. Di beberapa daerah, seperti Skotlandia, spesies ini juga tinggal di pantai, misalnya di Mull atau Skye. Elang Emas membutuhkan wilayah besar dengan mangsa yang cukup baik di daerah terbuka atau semi terbuka tanpa gangguan manusia. Baik dalam berburu ataupun membangun sarangnya. Jumlah terbesar elang emas ditemukan di daerah pegunungan, dengan banyak melakukan perburuan dan bersarang di pohon besar dan tebing pegunungan. Namun, mereka tidak sepenuhnya terikat pada ketinggian tinggi dan dapat berkembang biak di dataran rendah.