Apa yang anda ketahui tentang Ekologi Politik?

Ekologi politik

Ekologi politik sebelumnya merupakan hasil dari perkembangan dari ilmu pengetahuan ekologi manusia, dan sosiologi lingkungan. Ekologi manusia untuk pertama kalinya diperkenalkan oleh Haeckel pada tahun 1866.

Pada perkembangan lebih lanjut ekologi manusia berevolusi secara struktur menjadi sosiologi lingkungan yang berkembang kembali menjadi bidang baru yaitu ekologi politik. Hal itu disebabkan berhasilnya riset-riset secara ilmiah, sehingga perkembangan tersebut dapat memberikan banyak alternative terhadap berbagai persoalan-persoalan ekologis yang di hadapi manusia dan alam.

Bidang ekologi politik muncul ketika para ahli lingkungan mulai mengandalkan konsep-konsep ekonomi politik yang berasal dari kepedulian strukturalis dan materialis. Pendekatan yang dihasilkan membantu mengungkapkan kaitan-kaitan antara dinamika lingkungan setempat dengan proses politik dan ekonomi yang lebih luas (Peet and Watts, 1996; 2004).

Ekologi politik memfokuskan pada ditingkat masyarakat lemah atau miskin, dihubungkan dengan lingkungan yang pada akhirnya melahirkan suatu konflik. Sehingga memunculkan suatu persepsi tentang permasalahan lingkungan, di sisi lainnya adanya suatu intervensi pengetahuan ilmiah barat terhadap local.

Berbagai masalah sumberdaya alam yang muncul, baik di laut, udara, dan darat. Selama ini sering dipahami sebagai masalah teknis. Implikasinya adalah bahwa solusi-solusi yang diberikan pun bersifat teknis. Mencermati persoalan sumberdaya alam sebagai persoalan sosial-politik itulah yang menjadi fokus dari pendekatan ekologi politik (political ecology).

Ekologi politik merupakan bidang kajian yang mempelajari aspek-aspek sosial politik terhadap pengelolaan lingkungan. Ekologi politik memiliki kaitan erat dengan bidang-bidang lainnya seperti cultural ecology, human ecology, ecological anthropology, ecological economics. radical development geography and environmental history. Tetapi ekologi politik memfokuskan diri lebih pada penjelasan politik dari degrasi dan perubahan lingkungan.

Sumber:

Arsel, Murat. 2009. Ekologi Politik Dimana Ekonominya? https://repub.eur.nl/pub/17984/jurnal_tanah_air_okt-des09arsel.pdf

Sansen, Situmorang. https://dokumen.tips/documents/ekologi-politik.html

Satria, Arif. 2007. repository.ipb.ac.id. https://repository.ipb.ac.id/jspui/bitstream/123456789/76147/1/BUK2007d.pdf