Apa yang anda ketahui tentang Diet Neutropenik?

Diet neutropenik diperlukan oleh individu yang mempunyai sistem imun atau daya ketahanan badan yang lemah untuk melawan penyakit. Diet neutropenik dapat melindungi badan dengan sistem imun yang lemah dari kuman / bakteria atau mikroorganisma yang berbahaya yang terdapat pada makanan dan minuman.

Weight-reduction plan neutropenik adalah prinsip makan yang bertujuan mengurangi kontaminasi bakteri yang masuk ke dalam makanan. Jadi, weight loss plan neutropenik adalah food regimen yang dipercaya bisa membantu tubuh terhindar dari infeksi.

Faktanya, food plan ini cukup sering disarankan untuk orang yang mengalami kanker, karena tubuh mereka sangat rentan terserang infeksi. Weight-reduction plan ini juga baik bagi orang yang memiliki kondisi kekebalan tubuh yang buruk, khususnya bagi orang yang mengalami neutropenia.

Neutropenia adalah kondisi saat tubuh tidak bisa memproduksi sel darah putih (neutrofil) dalam jumlah yang cukup (jumlah neutrofil dibawah regular). Neutrofil adalah sel darah putih yang berfungsi melindungi tubuh dari infeksi. Jika jumlah neutrofil sedikit, maka sistem kekebalan akan menurun, akhirnya tubuh rentan terserang penyakit.

Supaya bisa jauh dari penyakit infeksi, maka prinsip utama dari weight loss plan neutropenik adalah menghindari makanan mentah dan yang tidak dimasak dengan sempurna. Selain itu, dalam menerapkan food regimen ini Anda juga harus memerhatikan kebersihan bahan makaan serta alat makan.

Pada intinya makanan yang harus dihindari adalah segala makanan yang tidak matang sempurna atau masih mentah seperti salad, telur setengah matang, dan makanan lainnya yang disajikan mentah.

Sedangkan yang boleh dimakan adalah:

  • Susu. Semua susu pasteuriasi dan produk susu lainnya termasuk keju, yogurt, dan es krim
  • Pati. Semua sumber pati yang matang diperbolehkan. Contohnya, pasta, roti, sereal, ubi, jagung, kentang. Selama semua matang ini aman dikonsumsi
  • Sayuran. Semua sayuran yang dimasak aman.
  • Buah. Semua buah segar, buah kalengan, maupun jus buah diperbolehkan. Sebelumnya semua buah harus dicuci dan dikupas dengan bersih
  • Protein. Daging yang dimasak hingga benar-benar matang dan daging kalengan. Telur rebus juga aman dikonsumsi
  • Minuman. Semua air yang sudah matang, minuman kaleng atau botol juga boleh dikonsumsi.Namun pastikan tidak terjadi kontaminasi dengan air mentah. Misalnya, menggunakan es batu dari air mentah saat minum.

Sumber : www.dailymail.co.id