Apa yang anda ketahui tentang daun tanaman?

Daun tumbuhan

Daun tumbuhan merupakan tempat terjadinya proses fotosintesis, yang menjadi penghasil energi pada tumbuhan. Apa yang anda ketahui tentang daun tanaman ?

1 Like

Daun merupakan suatu bagian tumbuhan yang penting dan pada umumnya tiap tumbuhan mempunyai sejumlah besar daun. Bagian tanaman ini hanya terdapat pada batang saja dan tidak pernah terdapat pada bagian tumbuh tumbuhan. Bagian batang tempat duduknya atau melekatnya daun dinamakan buku-buku (nodus) batang.
Adapun fungsi daun bagi tumbuh-tumbuhan, yaitu

  1. Pengambilan zat-zat makanan (resorbsi), terutama yang berupa zat gas ( CO2)
  2. Pengolahan zat-zat makanan (asimilasi)
  3. Penguapan air (transpirasi)
  4. Pernafasan (respirasi)

Bagian-bagian daun


Daun yang lengkap mempunyai bagian-bagian berikut :

  1. Upih daun atau pelepah daun (Vagina)
  2. Tangkai daun (petiolus)
  3. Helaian daun (lamina).

Daun lengkap dapat dijumpai pada beberapa macam tumbuhan , misalnya : pohon (Musa Paradisiaca L). Pohon pinang ( Area catechu L.), bambu (Bambu sp.).
Tumbuhan yang mempunyai daun lengkap tidak begitu banyak jumlah jenisnya.

Kebanyakan tumbuhan mempunyai daun, yang kehilangan satu atau dua bagian dari tiga bagian tersebut diatas. Daun yang demikian dinamakan daun yang tidak lengkap.
Susunan daun yang tidak lengkap ada beberapa kemungkinan :

  • Hanya terdiri atas tangkai dan helaian saja
  • Daun terdiri atas upih dan helaian,
  • Daun hanya terdiri atas helaian saja
  • Daun hanya terdiri atas tangkai saja

Pangkal Daun

Pangkal daun merupakan bagaian helaian yang berhubungan langsung dengan tangkai daun. Pangkal yang terdapat di kiri-kanan tangkai daun, baik berekatan atau tidak, dapat dibedakan menjadi sedikitnya enam macam yang dapat dilihat pada

Pangkal daun
Gambar. Pangkal daun runcing (a), meruncing (b), tumpul ©, membulat (d), rata(e), dan berlekuk (f).

Ujung daun

Ujung daun merupakan puncak daun, di mana letaknya paling jauh dari tangkai daun. Ujung daun memiliki bentuk yang beraneka ragam.

Dalam morfologi tumbuhan dikenal sedikitnya 7 bentuk ujung daun yang dapat dilihat pada gambar berikut

Ujung daun
Gambar. Ujung daun yang berbentuk runcing (a), meruncing (b), tumpul ©, membulat (d), rata (e), terbelah (f), berduri (g).

Tulang Daun

Tulang daun merupakan struktur penguat helaian daun, sama fungsinya dengan tulang manusia yang member kekuatan menunjang berdirinya tubuh. Tulang daun terdiri 4 bagian yang dapat dilihat pada gambar berikut

image
Gambar. Tulang Daun

Penjelasan dari beberapa jenis tulang daun adalah sebagai berikut,

  • Menyirip, pada sisi tulang daun menyirip, posisi tulang-tulang cabang tersusun di sebelah kanan dan kiri tulang daun.
  • Melengkung, ada sistem pertulangan daun menyirip, tulang cabang hmpir sama besar dengan ibu tulang daun.
  • Menjari, pada sistem pertulangan ini, tulang-tulang cabang hmpir sama besar dengan dengan ibu tulang daun.
  • Sejajar. Pada tulang daun sejajar, posisi tulang cabang terletak dikiri-kanan ibu tulang daun.

Bentuk Daun

Bangun daun merupakan bentuk helaian daun secara keseluruhan. Untuk melihat bangun daun hanya perlu dilihat satu helian daun (lamina) saja. Jika daun tersebut merupakan daun majemuk, untuk melihat bangun daunya dapat diamati pada satu helaian anak daunya.

Bentuk daun
Gambar. Bentuk daun ;a. pedang/belati, b. jarum, c. linear, d. lanset, e. lanset oval, f. bulat telur, g. telur pipih, h. oval meruncing, i. sudip, j. bulat telur, k. lingkaran, l. ginjal, m. jantung terbalik, n. jantung, o. belah ketupat, p. berbagi menyirip, r. tombak s. anak panah, t. segitiga.

Referensi :
Sri Mulyani, Anatomi Tumbuhan : Jogjakarta , Kanasius , 2006
Gembong Tjitrosoepomo, Morfologi Tumbuhan, Yogyakarta : Gadjah Mada University Press, 2005.
Dewi Rosanti, Morfologi tumbuhan; Errangga : 2013

daun yang kebanyakn kita tahu bukanlah daun lengkap. Daun lengkap terdiri atas vagina/upih, tangkai daun, dan helaian daun (lamina). Contoh daun lengkap adalah daun kelapa. Daun sangat beragam, jika ditinjau dari anatominya ada saun yang letak stomatanya di permukaan atas daun, ada pula yang di permukaan bawah daun, dan ada pula yang memiliki stomata di permukaan atas dan bawah daun. Jika menelisik lebih dalam lagi mengenai struktur daun, dan berfokus pada selnya. Dalam sel daun banyak terdapat kloroplat untuk fotosintesis. dalam kloroplast ini ada bagian yang bernama tilakoid yang mengandung banyak klorofil. Klorofil inilah yang menyebabkan daun berwarna hijau. Klorofil ini berfungsi untuk menangkap cahaya, selain klorofil ada zat warna lain yang dapat menangkap cahaya. Bila zat wana lain ini lebih banyak dari pada klorofil maka hal tersebut menyebabkan daun tidak berwarna hijau, namun bisa saja merah atau unggu, tergantung dari zat pigmen apa yg terkandung.

Fungsi Daun Pada Tumbuhan

Selain berfungsi sebagai organ memasak dan memproduksi makanan pertumbuhan, daun mempunyai berbagai fungsi penting lainnya untuk menjaga metabolisme tanaman.

Fungsi daun pada tanaman ini adalah, yakni penyimpanan makanan, penguapan air (transpirasi) , konsumsi makanan (penyerapan) , pengolahan makanan (asimilasi) , pernapasan (pernapasan) , organ reproduksi vegetatif, induksi bunga, organ untuk menangkap serangga dan daun untuk mengangkat.

1. Fotosintesis

Pada dasarnya fungsi utama daun pada tanaman ini adalah sama, yaitu memiliki sebuah fungsi sebagai pabrik pengolahan makanan. Fotosintesis merupakan sebuah proses pengolahan makanan di daun.

Fotosintesis membutuhkan air dan karbon dioksida. Sinar matahari membantu air dioksida dan karbon yang di konversi oleh klorofil untuk senyawa organik, serta karbon dioksida dan oksigen.

Karbon dioksida adalah nutrisi bagi tanaman. Karbon dioksida digunakan sebagai material dan sumber energi untuk membuat senyawa lain yang dibutuhkan oleh tanaman. Beberapa karbon dioksida disimpan sebagai cadangan makanan.

Jadi definisi fotosintesis adalah proses pembentukan karbohidrat dari H20 (air) dan CO2 (karbon dioksida) dengan bantuan dalam sinar matahari. Tumbuhan dapat berfotosintesis karena mempunyai sel yang mengandung bahan daun hijau (klorofil).

Dalam fotosintesis, memiliki klorofil menyerap energi matahari dan mengubah menjadi energi kimia, yang disimpan yang membentuk senyawa organik dab karbohidrat lainnya. Karbohidrat pada tanaman dapat diubah menjadi vitamin, protein, senyawa atau lemak lainnya.

Sejumlah senyawa yang sejenis organik ini tidak hanya digunakan oleh tanaman, tetapi juga bermanfaat bagi manusia dan hewan herbivora.

2. Sebagai Organ Pernapasan

Stomata pada dua permukaan daun berfungsi sebagai tempat pertukaran gas (respirasi). Stomata menyerap karbon dioksida dari udara ke dalam fotosintesis dan melepaskan O2 ke dalam fotosintesis. Selain stomata, ada juga tanaman yang nafasnya mengalir melalui lentisel pada batangnya.

Proses terhadap fotosintesis sistem pernapasan tanaman hanya dapat terjadi jika tersedia cukup sinar matahari dan klorofil. Selain klorofil terhadap daun, ia juga terjadi pada batang tanaman. Terutama daunnya, yang telah dimodifikasi fungsi dan bentuknya, seperti kaktus dan pinus.

Fotosintesis melibatkan banyak reaksi sejenis kimia yang membentuk daun untuk media. Mengingat sejumlah unsur yang terlibat dalam sebuah proses fotosintesis, kita dapat mengetahui berbagai kondisi di mana proses fotosintesis berlangsung dengan sempurna:

  • CO2 (karbon dioksida) dari tanaman berasal dari udara melalui stomata (mulut daun).
  • Memiliki cukup sinar matahari.
  • Air dari tanah, yang di hisap terhadap akar dan kemudian dialirkan melalui pembuluh kayu (xilem) ke daun.
  • Zat hijau daun (klorofil) adalah penerima energi yang berasal dari sinar matahari untuk melakukan sebuah proses fotosintesis.

3. Tempat Proses Transpirasi

Jika tanaman memiliki terlalu banyak atau terlalu sedikit air, kutikula atau zat lain yang ada pada permukaan daun dapat menyebabkan jaringan tanaman menguap melalui stomata.

Transpirasi yang terjadi di setiap tanaman dan umumnya kehilangan jumlah air terbesar yang mengalir melalui serangkaian daun.

Ada dua jenis transpirasi melalui tanaman, yaitu:

a. Aspirasi Kutikula

Ialah penguapan yang telah melewati kutikula yakni epidermis.

b. Pernafasan Stomata

Adalah hilangnya air yang terjadi langsung melalui stomata dan bahkan hingga 97% air di pabrik hilang melalui stomata transpirasi.

4. Alat Perkembangbiakan Vegetatif

Mirip dengan tunas daun tanaman kelapa bebek dapat dibentuk pada daun, yang disebut sebagai Adventivtriebe.

Faktor eksternal atau internal dapat mempengaruhi fotosintesis. Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi fotosintesis, di antaranya adalah:

a. Konsentrasi

CO2 (karbon dioksida) di udara semakin tinggi konsentrasi di udara, semakin tinggi proses fotosintesis.

b. Cahaya

Diperlukan intensitas yang cukup agar proses fotosintesis berjalan dengan efisien.

c. Suhu

Secara umum, fotosintesis meningkat dengan meningkatnya suhu dan sebaliknya. Namun, ketika suhunya terlalu tinggi, fotosintesis dihentikan karena beberapa enzim yang bertanggung jawab untuk fotosintesis telah rusak.

Oleh karena itu, tanaman memerlukan suhu optimal (tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah) agar proses fotosintesis berjalan dengan efisien.

d. Air

Ketersediaan air dapat mempengaruhi fotosintesis, karena air ialah bahan awal dalam fotosintesis.

5. Klorofil

Jika ada lebih banyak klorofil dalam daun, fotosintesis akan lebih cepat. Pembentukan klorofil membutuhkan sinar matahari, sehingga kecambah yang tumbuh di tempat gelap tidak dapat sepenuhnya menghasilkan klorofil.

Kecambah diisolasi, yang tumbuh yang sangat cepat, lebih lama atau lebih tinggi dari yang sebenarnya, dan batang dan daun tampak berwarna pucat karena tidak mengandung klorofil.

6. Usia Daun

Usia daun juga dapat mempengaruhi proses fotosintesis. Saat daun bertambah tua, kemampuan untuk berfotosintesis menurun. Ini terjadi karena klorofil sudah ketinggalan zaman dan fungsi kloroplas berkurang.

Daun muda menjadi lebih hijau karena distribusinya pada daun. Daun usia itu cenderung mendapatkan lebih banyak nutrisi.

Daun yang lebih tua ini mengandung begitu banyak klorofil. Meningkatnya usia tanaman menyebabkan penurunan kondisi tanaman, yang menyebabkan kematian organ dan organisme.
Sumber: https://ruangguru.co/fungsi-daun-pada-tumbuhan/