Apa yang anda ketahui tentang danau tempe ?

danau

(uciha andhika) #1

Danau Tempe merupakan danau yang terletak di bagian Barat Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, tepatnya di Kecamatan Tempe, Kecamatan Belawa, Kecamatan Tanah Sitolo, Kecamatan Maniangpajo.

Apa yang anda ketahui tentang danau tempe ?


(Bayu Bagus) #2

Danau tempe saat ini sedang mengalami kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh :

  1. Kerusakan Daerah Tangkapan Air (DTA)

    • Kerusakan daerah hulu Danau Tempe diakibatkan oleh penebangan yang tak terkendali, diantaranya perambahan hutan, perladangan berpindah, illegal logging sehingga menjadikan jumlah kawasan kritis Danau Tempe menjadi 308.962,56 ha dari total kawasan 830.485 ha.

    • Terjadinya konversi daerah resapan dan kantong-kantong air.

    • Kekeringan, kawasan daerah resapan danau yang menurun, sehingga cadangan air yang dapat disimpan semakin menipis.

  2. Kerusakan Sempadan

    Pencemaran yang terjadi pada perairan Danau Tempe, disebabkan oleh buangan limbah domestik, pertanian, pemukiman dan sisa pakan ikan. Hal ini merupakan penyebab terjadinya eutrofikasi pada permukaan air danau.

Danau tempe

  1. Pencemaran Perairan

    Laju sedimentasi di Danau Tempe yaitu sebesar 1-3 cm per tahun. Akibat sedimentasi ini, danau mengalami pendangkalan dan menyebabkan terjadinya bencana banjir di musim hujan dan kekeringan di musim kemarau. Apabila laju sedimentasi diasumsikan sebesar 0,38 cm pertahun, maka diperkirakan pada tahun 2018 Danau Tempe akan hilang pada musim kemarau.

    Pendangkalan yang terjadi di Danau Tempe secara alami diakibatkan oleh sedimentasi yang dibawa oleh inlet sungai yang bermuara di danau ini seperti S. Lawo, S. Batu-batu, S. Belokka, S. Nila dan Sungai Walannae. Terjadinya pendangkalan tersebut mengakibatkan penurunan kapasitas tampung bagi danau tersebut sehingga memicu terjadinya bencana banjir di kawasan sekitarnya.

    • Pengelolaan lahan yang melebihi daya dukung danau
    • Penurunan produktivitas lahan
    • Peningkatan jumlah penduduk
    • Penurunan kualitas air danau

Oleh karena itu, sebaiknya pemerintah daerah disana memperhatikan kelestarian lingkungan danau tempe agar lingkungannya tetap lestari dan keindahan danau tempe masih bisa dinikmati oleh anak cucu kita.