Apa yang anda ketahui tentang Danau Hillier : Danau berwarna merah muda ?

Danau Hillier terletak di pulau terbesar dalam gugus kepulauan Recherche Archipelago di lepas pantai Experance. Danau Hiller menari para wisatawan karena warnanya yang merah muda akibat adanya organisme yang hidup didalamnya.

Apa yang anda ketahui tentang Danau Hillier : Danau berwarna merah muda ?

Warna pink memang bukanlah warna danau pada umumnya. Air danau biasanya jernih atau terlihat kehijauan, tergantung biota apa yang hidup di dalamnya. Sama halnya dengan danau yang satu ini, Lake Hillier (Danau Hillier). Warna merah muda yang dihasilkan pastinya bukan karena pewarna atau ketumpahan cat, ya! Melainkan benar-benar warna alami. Bagi kamu yang ingin berenang juga bisa lho, lalu bagi kamu yang tidak bisa berenang jangan khawatir, karena kandungan garam di danau ini cukup tinggi sehingga dapat membantumu untuk tetap mengapung diatas air.

Danau Hillier terletak di Middle Island yakni pulau terbesar dalam gugus Recherche Archipelago di lepas pantai Esperance, Australia Barat. Jika kalian mengudara di sekitar pulau ini, akan jelas terlihat jelas warna berbeda yang mencolok diantara hijaunya vegetasi pulau. Hal ini tentunya menarik para wisatawan bahkan peneliti untuk melihat langsung keunikan danau cantik ini.

Danau yang memiliki panjang kurang lebih 600 meter ini dikelilingi oleh tepian pasir serta hutan rimbun, diantaranya yang tumbuh disana adalah pepohonan Paperbark dan Eucalyptus. Selain itu, terdapat juga bukit pasir yang tertutupi vegetasi lebat sebagai pemisah antara Danau Hillier dan Southern Ocean yang biru membentang.

Penemuan danau merah muda nan cantik ini diperjelas dalam jurnal yang dicatat seorang navigator Inggris dan hidrografer, Matthew Flinders, di tahun 1802. Flinders telah mendaki puncak tertinggi Middle Island (sekarang dikenal sebagai Flinders Peak) untuk mengamati perairan di sekitarnya pada saat ia menemukan danau luar biasa ini.

Sumber:

Menurut penelitian yang dilakukan, warna pink cerah pada air danau ini disebabkan oleh adanya alga mikroba bernama Dunaliella yang hidup di danau ini. Alga ini memiliki senyawa pigmen yang membuatnya mampu menyerap sinar matahari dengan baik yang membuat alga ini mampu menciptakan warna pink kemerahan dari senyawa pigmen tersebut. Warna pink pada danau ini pun semakin dipertegas dengan adanya andil dari bakteri pink bernama Halobacteria yang juga hidup didanau ini.

image

Danau Hillier terletak tidak jauh dari pesisir pantai. Meskipun danau ini sangat menarik, ternyata para wisatawan hanya di izinkan untuk melihat danau ini dari ketinggian saja menggunakan helikopter.

image