Apa yang anda ketahui tentang Danau Erie, Amerika Utara ?

danau
wisata_amerika

(Andhika Akbar Saputra) #1

Danau Erie ialah salah satu Danau-danau Besar di Amerika Utara yang menjadi bagian perbatasan antara Amerika Serikat dan Kanada.

Sebagian besar air yang mengalir ke Danau Erie mengalir melalui sebuah sungai besar, Sungai Detroit, yang mengalir ke bawah dari Danau Huron sebelum Detroit, Michigan. Air lain mengalir ke Danau Erie dari sungai lain, termasuk sungai Maumee dan Cuyahoga. Di muara sungai Maumee ada Toledo, Ohio. Di muara sungai Cuyahoga ada Cleveland, Ohio.

Air yang mengalir keluar Danau Erie mengalir sebelum Buffalo, New York, dan ke Sungai Niagara. Saat berjalan ke Danau Ontario, Sungai Niagara melalui Air terjun Niagara, salah satu air terjun terbesar di Amerika Utara, dan kemudian ke danau terendah dari kelima Danau Besar, Danau Ontario. (Wikipedia)

Apa yang anda ketahui tentang Danau Erie, Amerika Utara ?


(Muhammad Anton) #2

Berdasarkan yang pernah saya baca, danau ini memiliki luas yang membentang hingga 388 km, dengan lebar mencapai kurang lebih 92 km dan menjadi danau terbesar di dunia urutan 11 karena luasnya. Konon yang membuat danau ini menjadi ‘ganas’ adalah karena danau ini hanya memiliki kedalaman air sekitar 20 meter saja, sehingga dapat menyebabkan perubahan dramatis hanya dalam hitungan menit. Tiba-tiba saja danau dapat mengeluarkan ombak ganas yang mengerikan.

Bahkan warga sekitar menyebut danau ini sebagai Danau Erige yang berarti ‘kucing’. Penamaan itu diambil berdasarkan kondisi danau yang tak terduga, yang terkadang ganas berbahaya dalam hitungan menit saja.

image