Apa yang Anda ketahui tentang Chromodoris reticulata?

Chromodoris reticulata

Chromodoris reticulata adalah sejenis siput laut yang merupakan moluska laut bertubuh halus. Hewan ini sangatlah unik karena memiliki ciri-ciri langka yang jarang ditemui pada hewan lain, ciri-ciri tersebut adalah organ kelamin Chromodoris reticulate hanya digunakan satu kali lalu dibuang.

Ayami Sekizawa, seorang peneliti dari Osaka City University bersama timnya meneliti Chromodoris reticulate di daerah terumbu karang dangkal dekat Okinawa, Jepang. Penelitian dilakukan dengan menyaksikan proses perkimpoian dari siput laut ini sebanyak 31 kali. Sepanjang proses tersebut, setiap pasang Chromodoris reticulate melakukan perkimpoian selama beberapa menit, setelah selesai kimpoi siput-siput tersebut membiarkan alat kelamin mereka terjatuh. Setiap 24 jam sekali, organ kelamin mereka tumbuh kembali hingga ke bentuk semula sehingga mereka dapat melakukan perkawinan lagi.

Sampai saat ini belum diketahui motif pembuangan organ kelamin ini. Namun, para peneliti mengatakan pada proses perkimpoian pertama organ kelamin digunakan untuk menghapus sperma kompetitor sebelumnya lalu untuk perkimpoian kedua barulah organ kelamin menyuntikkan sperma dengan dosis tersendiri. Proses ini dilakukan dengan alasan agar gen mereka yang kemudian diwariskan pada keturunan dari pasangannya.

Sumber:
sains.me