Apa yang Anda ketahui tentang Cheetah?

Cheetah mampu berlari hingga 112 km/jam! Wow, bahkan mungkin kecepatan kamu saat mengendarai mobil atau motor kesayanganmu tidak pernah mencapai angka itu.

Kecepatan lari cheetah ternyata sangat didukung oleh bentuk badan cheetah itu sendiri. Badannya yang ringan dan lentur menyebabkan cheetah sangat lincah karena tidak banyak beban yang diangkat. Ukuran kepalanya yang kecil, tulang rusuk yang cenderung lurus dan panjang, serta kakinya yang tipis itu sangatlah aerodinamis, sehingga tidak begitu menghambat aliran udara. Kuku cheetah yang tetap di luar saat berlari (tidak seperti kucing yang bisa memasukkan kukunya) membuatnya mudah mencengkeram. Meski demikian, cheetah juga punya tenaga yang terbatas. Setelah berlari sangat cepat dalam waktu yang cukup lama, umumnya cheetah butuh 30 menit untuk memulihkan kondisi tubuhnya.

Namun, kemampuan berlari ini tidak serta merta membuat cheetah menjadi jagoan di berbagai hal. Pada saat masih bayi, sang induk tetap harus mengajarkan mereka untuk berburu. Kemudian mereka pun mulai belajar untuk berburu makanan sendiri dengan didampingi induk mereka. Sampai akhirnya ketika mereka berumur sekitar dua tahun, mereka dianggap sudah mampu hidup sendiri dan dilepas oleh induknya.

Saat ini cheetah masih dapat ditemui di berbagai belahan dunia, terutama di Afrika. Namun, populasinya makin sedikit, bahkan tidak jarang ahli yang menilai bahwa cheetah sudah di ambang kepunahan. Hal ini juga disebabkan oleh kurangnya kemampuan yang dimiliki cheetah untuk dapat bertahan hidup. Wah, sayang sekali ya. Untuk itulah kita perlu menjaga keberadaan mereka dengan tidak memburu mereka dan menjaga alam bebas yang menjadi rumah mereka.

Sumber:
sains.me