Apa yang anda ketahui tentang Charles Augustin de Coulomb?

Coulomb adalah fisikawan yang banyak dikenal lewat penelitiannya mengenai muatan listrik.

Dilahirkan pada 14 Juni 1736, di Angoulême, Perancis, Charles-Augustin de Coulomb belajar teknik dan memulai perdagangannya dengan militer sebelum memenangkan penghargaan untuk karyanya dalam keseimbangan torsi. Dia menawarkan teori perintis dalam gaya yang ditemukan antara muatan listrik, serta gaya tarik magnet dan tolakan. Unit pengukuran yang dikenal sebagai coulomb dinamai untuk menghormatinya. Dia meninggal di Paris pada 23 Agustus 1806.

Masa muda

Charles-Augustin de Coulomb lahir di Angoulême, Prancis, pada 14 Juni 1736, dan kemudian menjadi salah satu ilmuwan terpenting dalam penemuan awal listrik. Kedua orang tuanya, Henri Coulomb, seorang pengacara, dan Catherine Bajet, berasal dari keluarga aristokrat yang mapan di Angoulême, Prancis. Segera, keluarganya pindah ke Paris, di mana dia belajar matematika dan menghadiri College des Quatre-Nations.

Karier Militer

Charles de Coulomb mendaftarkan diri di sekolah militer pada 1759, lulus dari Sekolah Teknik Kerajaan Mézières (École royale du génie de Mézières) pada 1761. Di awal karirnya, Coulomb bekerja dalam desain struktural dan mekanika tanah. Selama 20 tahun berikutnya, ia ditempatkan di sejumlah lokasi. Mulai tahun 1764, ia mengabdi selama sembilan tahun di Martinik, Hindia Barat, dan bertugas membangun Fort Bourbon.

Setelah jatuh sakit karena demam, pada 1773, Charles de Coulomb kembali ke Prancis dan memulai beberapa karyanya yang paling penting pada mekanika terapan. Pada tahun yang sama, ia mempresentasikan makalah ilmiah pertamanya, “Masalah Statistik diterapkan pada Arsitektur,” kepada Académie of Sciences. Penggunaan kalkulus untuk mengatasi berbagai perbedaan dalam masalah teknik sangat mengesankan Académie.

Pada 1779, Charles de Coulomb dikirim ke Rochefort, Prancis, untuk mengawasi pembangunan benteng yang seluruhnya terbuat dari kayu. Selama masa ini, Coulomb menggunakan galangan kapal di Rochefort untuk penelitiannya tentang gesekan dan kekakuan tali. Eksperimen ini menghasilkan karya utamanya, Theorie des Machines Simples (“Teori Mesin Sederhana”), pada tahun 1781, yang memenangkan Grand Prix Académie of Sciences.

Kontroversi dan pengampunan

Pada tahun yang sama, de Coulomb ditunjuk untuk melaporkan kelayakan kanal yang bisa dilayari di Brittany. Dia mengutuk rencana itu sebagai rencana yang mahal dan tidak menguntungkan, tetapi birokrasi Prancis melihatnya secara berbeda dan, dengan demikian, untuk sementara menghukumnya. Karena marah, Coulomb mengundurkan diri, tetapi ditolak. Ketika diminta untuk mengevaluasi kembali proyek tersebut, ia datang dengan kesimpulan yang sama. Pemeriksaan independen membuktikan bahwa dia benar dan dia dihargai atas usahanya, tetapi pengalaman itu membuatnya kapok, dan dari titik ini, dia mencurahkan waktunya untuk mempelajari fisika.

Pada 1784, de Coulomb menerbitkan sebuah makalah tentang elastisitas kabel di bawah tekanan memutar. Ini menyebabkan penelitiannya yang terkenal tentang keseimbangan torsi, yang kemudian digunakan untuk menentukan kepadatan bumi. Tetapi yang paling efektif, proses itu digunakan sebagai cara mengukur kekuatan listrik gesekan dan magnet oleh de Coulomb sendiri.

Antara 1785 dan 1791, de Coulomb menulis tujuh makalah penting yang membahas berbagai aspek listrik dan magnet. Hal ini membawanya untuk merumuskan teori yang dikenal sebagai Hukum Coulomb, yang memverifikasi bahwa gaya antara dua muatan listrik sebanding dengan produk muatan dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara keduanya.

Tahun Kemudian

Ketika Revolusi Perancis dimulai, Charles de Coulomb, seperti banyak bangsawan, diusir dari pemerintahan. Pada 1791, ia pensiun dari Corps du Genie dan tinggal di tanah miliknya di Blois. Ia sangat terlibat dalam penelitian ilmiah. Selama waktu ini, ia menyelidiki gesekan pivot, viskositas cairan dan energi manusia yang dipengaruhi oleh makanan dan iklim.

Putra kedua De Coulomb lahir pada 30 Juli 1797, dan pada 1802, fisikawan itu menikahi ibu dari dua putranya, Louise Francoise LeProust Desormeaux. Sejak dinasnya di Hindia Barat, de Coulomb menderita penyakit kronis. Dia jatuh sakit dengan slow fever pada musim panas 1796, dan meninggal di Paris pada 23 Agustus 1806.