Apa yang anda ketahui tentang Candi Sumberawan ?

Candi Sumberawan berbentuk stupa yang ada di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Candi Sumberawan terbuat dari material batu andhesit dengan panjang 6.25 M, lebar 6.25 M serta tingi 5.23 M yang dibangun pada ketinggian 650 M dari permukaan laut di kaki bukit Gunung Arjuna. Candi ini ditemukan pada tahun 1904 dan diteliti pada tahun 1935 oleh peneliti Dinas Purbakala. Candi ini mengalami pemugaran tahun 1937 jaman Hindia Belanda di bagian kaki candi, sementara sisanya di rekonstruksi dengan seadanya

Candi Sumberawan menjadi satu-satunya stupa yang ada di daerah Jawa Timur dengan bentuk bujur sangkar dan tidak dilengkapi dengan tangga serta tidak ada relief. Candi ini memiliki kaki dan juga badan dengan bentuk stupa. Di batur candi yang tinggi ada selasar dan kaki candi terlihat dari keempat buah sisinya. Pada bagian atas kaki terdapat stupa yang terdiri dari lapik bujur sangkar serta lapik segi delapan dan bantalan Padma, sementara untuk bagian atas memiliki bentuk stupa atau genta yang pada bagian puncaknya sudah hilang.

Karena candi ini tidak dilengkapi dengan tangga seperti pada candi lain yang dibagian dalamnya biasanya digunakan sebagai tempat menyimpan berbagai benda, maka candi ini hanya berbentuk stupa namun tidak berfungsi seperti stupa pada umumnya yang menurut perkiraan memang dibangun hanya sebagai tempat pemujaan saja. Ahli purbakala menduga jika Candi Sumberawan dulu memiliki nama Kasurangganan yang merupakan nama terkenal di dalam Kitab Negarakertagama. Candi ini dikunjungi oleh Hayam Wuruk di tahun 1359 M saat ia melakukan perjalanan.

Apa yang anda ketahui tentang Candi Sumberawan ?