Apa yang anda ketahui tentang Cahokia : Kota kuno terbesar dari peradaban penduduk asli Amerika?

Sebuah kota metropolis kuno bernama Cahokia yang berasal dari peradaban penduduk Amerika asli ditemukan di St Louis. Awal penemuan kota kuno ini terjadi ketika sedang dilakukan persiapan untuk proyek pembangunan jembatan di Sungai Mississippi.

Apa yang anda ketahui tentang Cahokia : Kota kuno terbesar dari peradaban penduduk asli Amerika ?

Pada awal milenium, sepanjang aliran Sungai Mississippi adalah daerah yang strategis dengan lingungan yang makmur. Di lokasi ini para penduduk asli Amerika tinggal yang nyaman. Saat itu berdiri ratusan rumah persegi panjang yang terbuat dari jerami. Rumah-rumah ini berdiri berdasarkan arah mata angin yang dikelilingi oleh puluhan gundukan besar tanah. Di tengah-tengah areal pemukiman ini terdapat “plaza besar” yang digunakan untuk upacara.

Cahokia adalah satu-satunya kota pra Columbus yang terletak di utara Rio Grande. Kota ini dikatakan sebgai kota besar karena melebihi standar kota di Eropa dan Mesoamerika. Penggalian terbaru menemukan bukti lebih dari 500 rumah jerami. Sementara pada puncak peradabannya, kota ini dapat menjadi rumah bagi 100.000 penduduk asli Amerika.

Sisa-sisa kota kuno dapat dilihat di 2.200 acre The Cahokia Mounds State Historic Site, yang terletak tepat di seberang Sungai Mississippi di St Louis. Kota canggih ini merupakan peradaban asli Meksiko utara, dihuni dari 700 M sampai 1400 M dan dikenal karena besarnya struktur tanah buatan oleh manusia. Awalnya, populasi aslinya hanya ratusan, tetapi pada abad ke-11 membengkak menjadi puluhan ribu.

Populasi Cahokia diperkirakan telah mulai turun setelah tahun 1200 M, dan dua abad kemudian kota ini telah ditinggalkan. Banyak teori yang menjadi penyebab mengapa kota ini dikosongkan, termasuk perubahan iklim, perang, penyakit, dan kekeringan. Situs ini masih dianggap sakral dan penduduk asli Amerika yang percaya bahwa tempat tersebut adalah sumber energi psikis yang kuat. The Cahokia Mounds State Historic Site ditetapkan sebagai National Historic Landmark pada tahun 1964 dan sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1982. Situs seluas 2.200 acre. Taman 3,5 mil persegi berisi reruntuhan sekitar 80 gundukan. Selain itu terdapat lebih dari 120 gundukan tanah di hamparan sekitar enam mil persegi. Cahokia mengacu pada lokasi di mana budaya Mississippian berkembang sebelum penjelajah Eropa mendarat di Amerika. Mulai sekitar 700 M - 1400 M, situs ini berkembang dan pernah salah satu kota terbesar di dunia. Cahokia dianggap sebagai bangunan bersejarah nasional dan dilindungi oleh negara bagian Illinois dan menjadi reruntuhan arkeologi terbesar di kota Meksiko Utara yang berasal dari zaman pra-Columbus.