Apa yang anda ketahui tentang Burung Kipasan Ekor Merah?

Kipasan Ekor-merah (Rhipidura phoenicura) adalah spesies burung dari keluarga Rhipiduridae. Burung ini adalah hewan endemik dari Indonesia. Habitat burung Kipasan Ekor-merah adalah wilayah montane dengan iklim subtropis atau tropis.

Burung Kipasan Ekor-merah atau Rhipidura phoenicura, merupakan salah satu burung endemik pulau Jawa. Burung Kipasan Ekor-merah adalah salah satu jenis burung dari famili Rhipiduridae (Fantails), dari genus Rhipidura. Burung dengan ciri khas ekor berwarna merah jingga kecoklatan ini, selain burung endemik Jawa pun termasuk burung langka berstatus Least Concern yang dilindungi di Indonesia.

Nama latin hewan endemik Jawa ini adalah Rhipidura phoenicura (S. Müller, 1843). Dalam bahasa Inggris kerap disebut sebagai Rufous-tailed Fantail. Meskipun kurang tepat, terkadang burung ini disebut juga sebagai burung Sikatan.

Tubuh Kipasan Ekor-merah berukuran sedang, dengan panjang sekitar 17 cm. Ciri khas burung endemik ini adalah ekornya yang berwarna merah jingga kecoklatan. Ekor ini dapat dikembangkan layaknya kipas. Dari bentuk dan warna ekor inilah burung ini kemudian mendapatkan nama Kipasan Ekor-merah.

Kepala dan pungung berwarna abu-abu. Tenggorokan dan dagu berwarna putih dan memiliki alis halus berwarna putih. Dada bagian atas berwarna abu-abu, berubah menjadi jingga-coklat pada bagian perut dan tungging. Sedangkan bulu sayap berwarna coklat berangan tua, tunggir dan ekor khas jingga-coklat berangan terang. Iris coklat, sedangkan paruh dan kaki berwarna hitam.

Suara kicauan burung Kipasan Ekor-merah sekilas mirip kipasan belang, namun lebih terdengar nyaring. Suaranya menyerupai bunyi “hi-ti-ti-ti-oh-wiit” dengan beberapa variasi atau suara “ci-tiw”.

Hidup secara individu atau berpasangan. Memakan serangga dan laba-laba. Membuat sarang berbentuk cawan di dahan-dahan kecil atau pepohonan merambat. Dalam satu musim berbiak, burung betina bertelur dua butir. Telur berwarna kuning tua dengan bintik berwarna abu-abu.

Burung Kipasan Ekor-merah (Rhipidura phoenicura) merupakan burung endemik Jawa dengan daerah sebaran hanya terbatas di hutan-hutan primer di daerah pegunungan Jawa pada ketinggian 1.000-2.500 m dpl. Mulai dari gunung-gunung di Jawa Barat hingga gunung di Jawa Tengah dan ujung timur Jawa Timur.

Jumlah populasi hewan endemik ini secara keseluruhan tidak diketahui namun diperkirakan lebih dari 10.000 individu dewasa. Tingkat keterancamannya pun dianggap masih belum mendekati ambang rentan sehingga oleh IUCN dimasukkan sebagai spesies Least Concern (Beresiko Rendah) dalam Daftar Merah IUCN.

Sedang di Indonesia, burung Kipasan Ekor-merah (Rhipidura phoenicura) dimasukkan dalam daftar burung yang dilindungi berdasarkan PP. Nomor 7 Tahun 1999 dan UU Nomor 5 Tahun 1990.

Klasifikasi Ilmiah Kipasan Ekor-merah. Kerajaan : Animalia. Filum : Chordata. Kelas : Aves. Ordo : Passeriformes. Famili : Rhipiduridae. Genus : Rhipidura. Spesies : Rhipidura phoenicura (S. Müller, 1843).