Apa yang anda ketahui tentang burung cucak rowo kalimantan ?

burung
cucak_rowo

(Aditya Reza Firdaus) #1

image

Apa yang anda ketahui tentang burung cucak rowo kalimantan ?


(Mifta Ahmad Farid) #2

Burung cucak rowo kalimantan dikenal dengan nama Straw Hard Bulbul. Burung jenis ini mempunyai harga yang cukup mahal. Untuk anak burung Cucak Rawa Kalimantan, harganya bisa mencapai 2 juta hingga 3 juta rupiah. Belum lagi apabila burung tersebut sudah dewasa atau sudah pandai ngerol dan menghasilkan kicauan ropel (seri), harganya bisa menampung hingga puluhan juta rupiah.

Burung Cucak Rowo Kalimantan memiliki bulu hijau kekuningan yang tidak terlalu gelap, layaknya bulu Cucak Rowo yang berasal dari Sumatera. Selain itu, perawakannya juga tidak terlalu besar namun cukup berisi sehingga saat dipegang terasa mantap. Kondisi lingkungan jelas sangat berpengaruh terhadap kondisi fisik dari burung tersebut. Cucak Rowo Kalimantan dikenal lebih kecil ukurannya dibandingkan dengan Cucak Rowo dari daerah Sumatera.

image

Kicauan burung cucak rowo Kalimantan tidak bisa nyaring atau sekeras kicauan burung dari daerah lain. Kicaunya yang lembut dan lemah tersebut kemudian menurunkan nilai serta gengsinya di mata para pecinta burung. Walau demikian sebenernya suara lembut tersebut juga bisa menjadi kelebihannya terutama bagi mereka yang menyukai suara burung yang tidak cempreng.