Apa yang Anda ketahui tentang Bunga Es Halus, Seperti Permen Kapas?

Bunga es (frost flowers)

Bunga es (frost flowers) adalah bunga yang sulit ditemui, sebab perlu kondisi alam yang tepat agar bunga es dapat terbentuk. Bunga es dapat kita jumpai pada tanaman dan kayu. Bunga es, bukan embun atau uap air yang membeku.

Pagi Hari di Musim Gugur
Bunga es terbentuk pada pagi hari pada musim gugur atau di awal musim dingin saat lapisan es yang tipis di dorong keluar dari batang tanaman. Proses ini menciptakan pola indah yang membentuk lengkungan dan lipatan sehingga mirip bunga. Fenomena alam tersebut dinamakan bunga es.

Pada awal musim dingin merupakan waktu yang tepat terbentuknya bunga es. Sebab suhu udara berada pada titik beku, namun suhu tanah masih lebih hangat atau belum berada pada titik beku.
Saat suhu berada di titik beku, getah pada batang tanaman akan mengembang, menyebabkan rongga tipis terbentuk sepanjang batang tanaman. Kemudian, air didorong keluar melalui celah tersebut oleh kapiler dan membeku saat bertemu dengan udara. Semakin banyak air yang didorong keluar maka lapisan es tipis pun terdorong menjauh dari batang menyebabkan kelopak tipis bunga es terbentuk.

Tidak hanya pada pepohonan kayu yang masih hidup, efek serupa juga terjadi pada kayu pagar. Air yang terdapat pada pori-pori kayu ini didorong dan membentuk benang es tipis yang mirip rambut, sehingga sering disebut rambut atau jenggot es.

Mungkin di Indonesia sulit menemukan peristiwa bunga es. Jika kita sedang pergi ke negara yang memiliki musim dingin, jangan lupa untuk segera mengabadikannya lewat foto. Karena bunga es ini akan segera mencair saat matahari terbit dan mulai hangat. Selain itu, jangan kamu mencoba menyentuhnya, sebab lapisan bunga es ini sangat tipis dan halus dan akan pecah apabila disentuh.

Sumber: