Apa yang Anda ketahui tentang BRACKET?

Bracket
Bracket adalah code editor yang secara khusus dikembangkan untuk tujuan web design dan front-end development.
Apa yang Anda ketahui tentang BRACKET?

Editor Teks Gratis untuk Desainer Web

Brackets adalah editor teks sumber terbuka yang telah ditulis dalam JavaScript serta HTML dan CSS dengan tujuan pengembangan web dengan kuat dalam pikiran. Ini dirancang untuk membuat proses pengkodean sederhana, sementara coders akan dapat berbagi pekerjaan mereka melalui sejumlah platform yang berbeda dan memanfaatkan aplikasi open source.

Saatnya Mendapatkan Coding

Salah satu fitur Brackets yang paling populer adalah Quick Edit, yang membuat pengeditan inline relatif cepat dan mudah. Ada juga banyak fitur keren lainnya bagi pengguna untuk memanfaatkan seperti Masukan Langsung yang langsung membuat pratinjau dari pekerjaan pengkodean yang dilakukan sejauh ini sehingga pengguna bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang seberapa banyak yang telah mereka capai dan setiap area yang membutuhkan untuk di-tweak. Beberapa fitur keren lainnya termasuk dukungan file multi-format dan integrasi dengan JavaScript debugger Theseus.

Membuat Alur Coding Anda aktif

Dengan kemampuan kursus terbuka dan sejumlah besar fitur, Brackets berpotensi menjadi alat yang hebat untuk pengembang web. Satu-satunya kerugian nyata menggunakan Bracket adalah proses instalasi bisa sangat lama dan lambat dan kemungkinan akan mencoba kesabaran banyak pengguna. Perangkat lunak ini masih dalam tahap yang relatif awal, yang berarti bahwa pengguna cenderung menemukan bahwa ada beberapa bug dalam sistem.
Untuk mengedit kode Anda sendiri dengan menggunakan Brackets, Anda bisa langsung membuka folder yang berisi file-file Anda. Brackets memperlakukan folder yang sedang dibuka sebagai “proyek”; fitur-fitur seperti Petunjuk Kode, Tinjauan Langsung and Edit Cepat hanya menggunakan file-file yang ada di dalam folder yang sedang dibuka.

Edit Cepat untuk CSS dan JavaScript

Tidak perlu lagi repot-repot berpindah dari satu dokumen ke dokumen lainnya. Ketika mengedit HTML, gunakan pintasan Cmd/Ctrl + E untuk membuka Edit Cepat yang menampilkan semua CSS yang sesuai. Ubah CSS Anda, kemudian tekan ESC dan Anda kembali lagi mengedit HTML, atau tetap buka CSS Anda dan kotak tersebut akan menjadi satu dengan editor Anda. Jika Anda menekan ESC diluar kotak Edit Cepat, semuanya akan langsung disembunyikan. Edit Cepat juga akan menemukan aturan dalam file LESS dan SCSS, termasuk aturan bersarang.

Screenshot menunjukkan Edit Cepat CSS

Anda juga bisa menggunakan pintasan yang sama untuk mengedit hal-hal lainnya - seperti fungsi di JavaScript, warna, dan fungsi animasi - dan kami terus menambahkan fitur lain setiap saat.

Saat ini, editor inline tidak dapat disarangkan, sehingga Anda hanya dapat menggunakan Edit Cepat ketika berada dalam mode “ukuran penuh”.

Tinjau perubahan HTML dan CSS secara langsung di peramban

Anda tahu mengenai teknik “simpan/muat ulang” yang sering kita lakukan? Dimana kita mengubah file, kemudian kita simpan, lalu pindah ke peramban dan memuat ulang halaman untuk melihat hasilnya? Dengan Brackets, Anda tidak perlu melakukannya lagi.

Brackets akan membuka sambungan langsung ke peramban Anda dan memperbarui HTML dan CSS secara langsung, bahkan ketika Anda mengetik! Mungkin Anda sudah pernah melakukan hal ini dengan perangkat dari peramban, namun dengan Brackets, Anda tidak perlu lagi menyalin kode kembali ke editor. Kode Anda berjalan di peramban, namun tetap berada di editor Anda!

Soroti langsung elemen HTML dan aturan CSS

Brackets mempermudah Anda melihat bagaimana perubahan pada HTML dan CSS yang Anda buat akan mempengaruhi halaman. Ketika kursor Anda berada pada aturan CSS, Brackets akan menyoroti semua elemen yang dipengaruhi pada peramban. Hal yang sama ketika mengedit file HTML, Brackets akan menyoroti elemen HTML yang sesuai pada peramban.

Saat ini, Brackets hanya mendukung Tinjauan Langsung untuk HTML dan CSS. Namun di versi ini, perubahan terhadap JavaScript akan dimuat ulang ketika Anda menyimpan. Saat ini kami berusaha menambahkan dukungan Tinjauan Langsung untuk JavaScript. Tinjauan Langsung juga hanya bisa dijalankan di peramban Google Chrome, namun kami berharap untuk memberikan fitur ini ke semua peramban di masa depan.

Tampilan Cepat

Bagi Anda yang belum hafal nilai RGB dan HEX sebuah warna, dengan Brackets, Anda dapat dengan mudah dan cepat untuk melihat warna apa saja yang sedang digunakan. Di CSS atau HTML, tempatkan kursor di atas nilai warna atau gradien dan Brackets akan menampilkan warna/gradien tersebut secara otomatis. Sama halnya dengan gambar: taruh kursor di atas link gambar pada editor Brackets dan menampilkan thumbnail dari gambar tersebut.

Ingin fitur lain? Tambahkan ekstensi!

Selain semua fitur-fitur keren yang ada di dalam Brackets, kami mempunyai komunitas pengembang ekstensi yang terus tumbuh jumlahnya dan sudah membuat ratusan ekstensi yang sangat berguna. Apabila Anda membutuhkan fitur yang tidak ada dalam Brackets, kemungkinan besar seseorang telah membuat ekstensi untuk itu. Untuk melihat daftar ekstensi yang tersedia, klik File > Pengelola Ekstensi lalu klik di tab “Tersedia”. Ketika Anda menemukan ekstensi yang Anda inginkan, klik tombol “Instal” di sebelahnya.

Ikut terlibat

Brackets adalah proyek open-source. Pengembang web dari seluruh dunia berkontribusi untuk membangun editor yang lebih baik. Dan juga ada banyak orang yang menembangkan ekstensi untuk meningkatkan kemampuan Brackets. Beri kami saran, ide, atau berkontribusilah secara langsung untuk Brackets.

Sumber

https://brackets.id.softonic.com/
https://people.wou.edu/~breisbeck13/BracketsPortable/App/Brackets/samples/id/Memulai/index.html