Apa yang Anda ketahui tentang Blender?


Blender (perangkat lunak) Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video.
Apa yang Anda ketahui tentang Blender ?

The Blender Foundation (2002) adalah organisasi kemaslahatan publik yang independen. Perusahaan spin-off Blender Institute (2007) menyelenggarakan kantor-kantor yayasan dan saat ini mempekerjakan 15 orang yang bekerja pada perangkat lunak Blender dan proyek-proyek kreatif untuk memvalidasi dan menguji Blender di lingkungan produksi.Organisasi-organisasi ini mendukung komunitas kontributor di blender.org. Di situlah Blender dibuat.

Blender adalah paket pembuatan 3D sumber bebas dan terbuka. Ini mendukung keseluruhan pipa 3D — pemodelan, pemasangan, animasi, simulasi, rendering, penggabungan dan pelacakan gerakan, bahkan pengeditan video dan pembuatan game. Pengguna mahir menggunakan Blender’s API untuk Python scripting untuk menyesuaikan aplikasi dan menulis alat khusus; sering kali ini termasuk dalam rilis Blender yang akan datang. Blender sangat cocok untuk individu dan studio kecil yang mendapat manfaat dari penyatuan pipa dan proses pengembangan yang responsif. Contoh dari banyak proyek berbasis Blender tersedia di showcase.

Blender adalah lintas-platform dan berjalan dengan baik di komputer Linux, Windows, dan Macintosh. Antarmukanya menggunakan OpenGL untuk memberikan pengalaman yang konsisten. Untuk mengkonfirmasi kompatibilitas tertentu, daftar platform yang didukung menunjukkan platform yang diuji secara berkala oleh tim pengembang.

Sebagai proyek berbasis komunitas di bawah GNU General Public License (GPL), publik diberi wewenang untuk membuat perubahan kecil dan besar pada basis kode, yang mengarah pada fitur baru, perbaikan bug yang responsif, dan kegunaan yang lebih baik. Blender tidak memiliki label harga, tetapi Anda dapat berinvestasi, berpartisipasi, dan membantu memajukan alat kolaborasi yang kuat: Blender adalah perangkat lunak 3D Anda sendiri.

Lebih banyak bantuan selalu diterima! Dari mengembangkan dan meningkatkan Blender hingga menulis dokumentasi, dll, ada sejumlah hal berbeda yang dapat Anda lakukan untuk terlibat.

Lisensi
Blender adalah Perangkat Lunak Gratis. Anda bebas menggunakan Blender untuk tujuan apa pun, termasuk secara komersial atau untuk pendidikan. Kebebasan ini ditentukan oleh Lisensi Publik Umum (GPL) GNU Blender.

Afiliasi
Blender Foundation is a member of Open Invention Network, Khronos (individual membership), Linux Foundation and the Academy Software Foundation.

Sumber

About — blender.org