Apa yang anda ketahui tentang bioma air tawar?

Ekosistem air tawar

Ekosistem air tawar adalah ekosistem air yang airnya memiliki kadar garam yang rendah. Ekosistem air tawar, dibedakan menjadi dua yaitu berdasarkan keadaan air dan berdasarkan daerahnya.

Berdasarkan keadaan air, ekosistem air tawar dibedakan menjadi 2 yaitu perairan tenang dan mengalir.

  • Perairan tenang adalah danau dan rawa. Ekosistem danau adalah sebuah cekungan besar yang terisi oleh air. Danau dapat terbentuk akibat dari aktivitas gunung api. Selain itu danau juga dapat terbentuk akibat sedimentasi yang memotong jalur sungai. Danau biasanya berukuran sangat luas. Sehingga memiliki banyak makhluk hidup di dalamnya. Rawa- rawa adalah salah satu ekosistem perairan yang tenang. Rawa adalah genangan air yang terjadi di dataran yang cekung. Genangan air ini dapat bersifat musiman, akibat hujan dan luapan air sungai, atau permanen akibat lokasinya yang dekat dengan sumber air. Rawa- rawa biasanya berada di dataran rendah.

  • Perairan mengalir adalah sungai. Ekosistem sungai adalah aliran air yang ada di permukaan bumi. Sungai adalah salah satu sumber air terbsar di bumi. air sungai termasuk air tawar, sehingga ikan yang dapat hidup di sungai adalah ikan air tawar seperti ikan nila, ikan gurami, atau ikan lele.

Berdasarkan daerahnya di menjadi 3 yaitu litoral, limnetik, dan profundal.

  • Litoral adalah sungai dangkal yang mendapatkan banyak sinar matahari. Sungai ini lebih banyak memiliki ekosistem di dalamnya. hal ini karena sinar matahari yang masuk, sehingga tumbuhan dapat subur disini. Selain itu, akibat banyaknya tumbuhan yang hidup, makan akan banyak ikan yang dapat hidup disini. Ikan air tawar bisanya memakan serangga atau hewan laut kecil yang hidup disekitar akar-akar pohon. Sehingga menjadi tempat yang bagus bagi ikan dalam mencari mangsa.

  • Limnetik adalah sungai yang berada jauh di dalam hutan, tetapi masih mendapatkan cahaya matahari. Sungai ini biasanya berada di dalam hutan yang lebat. Akan tetapi sungai ini masih mendapatkan cahaya matahari, sehingga masih banyak tumbuhan yang hidup di sekitar sungai ini. Sungai ini juga memiliki banyak ikan, akibat banyaknya tumbuhan yang hidup disekitar sungai ini.

  • Profundal adalah sungai yang berada jauh di dalam hutan, dan tidak mendapatkan cahaya matahari. Sungai ini berada di dalam hutan lebat, yang tertutup oleh rimbunnya daundaunan. Sungai ini memiliki jumlah vegetasi yang cenderung sedikit, karena tidak memdapatkan cahaya matahari. Selain itu, hewan seperti ikan, jarang muncul di sungai ini. Sungai ini biasanya memiliki kedalaman yang cukup dangkal, dan akan menjadi dalam, saat terjadi hujan.

Sumber

Ekosistem air tawar adalah ekosistem akuatik yang memiliki konsentrasi garam yang rendah. Asal usul munculnya ekosistem akuatik air tawar adalah terbentuk dari sumber mata air bawah tanah. Sehingga dengan kondisi tersebut sangat menentukan komponen biotik yang mampu bertahan hidup di dalamnya.

Ekosistem air tawar muncul atau dibentuk dari sumber air di bawah tanah. Dengan karakteristik abiotik yang demikian tentu sangat menentukan komponen biotik yang mampu bertahan hidup.

Ekosistem air tawar

Berdasarkan pergerakan arus dan organisme yang hidup di dalamnya, ekosistem (bioma) air tawar terbagi lagi menjadi dua jenis yaitu habitat lentik dan habitat lotik.

Habitat lentik adalah habitat air yang tidak memiliki arus sehingga pergerakan arusnya tidak mengalir atau diam secara terus menerus. Contoh danau dan kolam ikan.

Sedangkan habitat lotik adalah habiat air yang memiliki arus sehingga airnya terus bergerak, tidak diam. Contoh sungai.