Apa yang anda ketahui tentang Bintang Spica ?

Bintang Spica

Banyak sekali bintang yang ada dalam alam semesta. salah satunya adalah Bintang Spica. yang saya tanyakan apakah yang anda ketahui tentang Bintang Spica?

Spica merupakan bintang paling terang di konstelasi Virgo. Selain itu, Spica memancarkan spektrum cahaya biru dengan magnitudo 0,9, membuatnya menjadi bintang paling terang ke-16 di langit malam.

Bintang ini termasuk dalam jenis bintang variabel Beta Cephei, yakni bintang variabel yang menunjukkan variasi dalam kecerahan mereka karena adanya denyutan pada permukaan bintang yang diduga terjadi karena sifat besi yang tidak biasa pada suhu 200.000 Kelvin di interiornya.

Bintang-bintang jenis variabel Beta Cephei ini biasanya merupakan bintang biru putih putih kelas spektral B, seperti Spica, dan bukan termasuk bintang variabel Cepheid.

Spica adalah bintang biner dekat yang saling mengorbit sekitar empat hari satu sama lain. Bintang biner adalah jenis bintang ganda yang saling mengorbit. Pada kasus Spica, kedua bintang ini berada cukup berdekatan sehingga mereka tidak dapat dipisahkan sebagai dua bintang saat diamati dari Bumi melalui teleskop.

Perubahan dalam gerakan orbital pasangan ini menghasilkan pergeseran Doppler pada garis serapan spektrum masing-masing, menjadikannya biner spektroskopi berjejer ganda. Saking berdekatannya sistem bintang biner Spica ini, bahkan membuat mereka tampak berbentuk seperti telur, bukan bola seperti bintang-bintang pada umumnya.

Nama Spica sendiri berasal dari bahasa Latin yang berarti “Pucuk Gandum” (Ear of Corn). Nama tradisional lainnya untuk bintang ini adalah Azimech, yang berasal dari bahasa Arab السماك الأعزل “al-simāk al-a’zal” atau yang berarti “Ikan”.

Sumber : http://www.infoastronomy.org/2017/08/si-cantik-spica.html#ixzz5Dx6Fzp6W